Masyarakat Mimika di 5 Titik ini Nikmati Air Bersih Program TNI AD

Peresmian fasilitas air bersih yang dibangun TNI AD di kampung Nawaripi, merupakan program TNI AD Manunggal Air. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Peresmian fasilitas air bersih yang dibangun TNI AD di kampung Nawaripi, merupakan program TNI AD Manunggal Air. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Masyarakat Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah di lima 5 titik mulai dari kampung Nawaripi, Kadin Jaya (Kilometer 11), kelurahan Kamoro Jaya atau SP 1, area Brigif 20 IJK/Kostrad, dan Mapurujaya, kini sudah bisa menikmati air bersih.

Fasilitas air bersih yang bisa dinikmati oleh masyarakat pada lima titik itu, merupakan program “TNI AD Manunggal Air”. Sehingga untuk dimulainya pemanfaatan penggunaan fasilitas air bersih tersebut, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdul Rahman meresmikan langsung secara virtual yang dipusatkan di Lebak, Banten secara simbolis dengan membunyikan sirine, Selasa (25/7/2023).

Selain meresmikan fasilitas air bersih, KASAD juga mencanangkan percepatan penurunan stunting.

Dalam sambutannya, KASAD menyampaikan bahwa program “TNI AD Manunggal Air” diawali ketika dirinya menjabat KASAD. Ini merupakan perintah Presiden pasca covid 19 yang menyebabkan banyak masyarakat terdampak, khususnya kesehatan. Karena itu diperintahkan juga untuk menyejahterakan masyarakat dengan membantu pemerintah daerah.

“Dari perintah itu, saya sampaikan kepada seluruh pejabat melalui tujuh perintah KASAD. Khususnya pada poin 5 dan 6, yakni TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi. Serta lakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD,” tuturnya.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Dedi Dwi Cahyadi di kampung Nawaripi menyampaikan, program air bersih merupakan program yang di khususkan bagi daerah-daerah atau kawasan yang tidak mudah mendapatkan air bersih.

Dari program itu, kata Dandim, KASAD memerintahkan seluruh wilayah teritorial untuk mencari titik air bersih yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak.

Di Mimika sendiri, ada lima titik fasilitas air bersih yang sudah dibangun TNI AD.

“Untuk pelaksanaan pembangunan fasilitas air bersih di Mimika dilakukan oleh Paldam XVII/Cenderawasih melalui Benglap XVII/3-2 Timika. Karena satuan ini yang punya alat untuk mendeteksi kandungan air bersih. Alhamdulillah, sudah terbangun dan diresmikan secara virtual oleh KASAD,” kata Letkol Dedi.

Menurutnya program air bersih yang dilakukan TNI AD sangat membantu masyarakat. Seperti di kampung Nawaripi sendiri, masyarakat untuk mendapatkan maupun memenuhi kebutuhan air khususnya untuk dimasak, selalu membeli.

Karena itu dengan adanya fasilitas air bersih yang sudah dibangun oleh Benglap XVII/3-2 Timika, masyarakat diharapkan tidak kesusahan lagi mendapatkan air bersih.

“Fasilitas air bersih yang dibangun di Mimika kebetulan sumur bor. Dimana untuk mendapatkan sumber air bersih harus digali dengan kedalaman kurang lebih 50-60 meter. Saya harap dengan pembangunan ini masyarakat bisa menjaga dan memanfaatkan secara baik,” tuturnya.

Advertisements

Ditempat yang sama, Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada TNI AD yang sudah membangun fasilitas air bersih bagi warganya. Fasilitas ini kata dia sangat dibutuhkan masyarakat. Karena sejak kampung Nawaripi dibangun kurang lebih 20 tahun yang lalu, warga setempat belum mendapatkan air bersih.

Namun, pada hari ini, melalui program TNI AD Manunggal Air, TNI menemukan titiknya dan membangun fasilitas air bersih yang didambakan oleh warga kampung Nawaripi.

“Nawaripi memang daerah rawa, sehingga untuk cari air bersih tidak mudah. Tapi hari ini TNI AD sudah memberikan fasilitas air bersih kepada masyarakat, dan fasilitas ini akan dijaga dengan baik demi keberlangsungan bersama, khususnya kebutuhan akan air,” pungkasnya.

penulis : Mujiono
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan