Mayjen Herman Asaribab Dapat Promosi Bintang Tiga, ini Profil Penggantinya

1605872679656

TIMIKA | Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali merotasi sejumlah perwira tinggi (Pati), termasuk Mayjen TNI Herman Asaribab yang dipromosi menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad).

Mayjen Herman Asaribab yang kini menjabat Pangdam XVIII Cenderawasih, mendapat promosi jabatan baru berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 pada 18 November 2020.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria mengatakan, pergeseran dan promosi jabatan dalam institusi TNI merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh pimpinan.

“Suatu penghargaan pimpinan kepada Prajurit yang memiliki kinerja dan prestasi yang menonjol,” kata Letkol Reza kepada Seputarpapua, Jumat (20/11).

Menurut Reza, penghargaan ini juga diberikan kepada Mayjen Herman Asaribab, sekaligus menjadi putra asli Papua kedua yang mendapatkan promosi jabatan bintang tiga di institusi TNI AD.

“Putra asli Papua ini merupakan Perwira Abituren (lulusan) Akabri Angkatan 1988 pertama yang mendapatkan promosi jabatan Bintang Tiga di TNI AD,” katanya.

IKLAN-TENGAH-berita

Mayjen TNI Herman Asaribab lahir di Jayapura pada 10 Juni 1964. Ia pernah menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI dan Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih.

Herman Asaribab adalah salah satu putra kebanggaan Papua. Kala itu, Gubernur Lukas Enembe menyebut akan membiayai Herman untuk melanjutkan pendidikan militernya di Amerika Serikat, sewaktu masih menjabat Danrem 172/Praja Wirajakti (2013).

“Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Inf. Herman Asaribab, kita akan biayai untuk melanjutkan ilmu militernya di Amerika Serikat,” kata Enembe waktu itu.

*Pangdam Cenderawasih yang Baru*

Letkol Reza mengatakan, jabatan Pangdam XVII/Cenderawasih selanjutnya akan diserahterimakan kepada Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang saat ini menjabat sebagai Dansecapaad di Bandung Jawa Barat.

Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono adalah Perwira Abituren Akabri 1988 yang permah menjabat sebagai Komandan Korem 171/Praja Vira Tama Sorong – Papua Barat pada tahun 2016-2019.

Mayjen TNI Yogo sebelumnya menjabat Wakil Komandan Pusterad pada periode 2019-2020. Terakhir menjabat Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), hingga akhirnya diangkat sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Waktu pelaksanaan serahterima jabatan akan disampaikan lebih lanjut,” pungkas Letkol Reza Nur Patria.

Reporter: Sevianto Pakiding
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar