Melalui Program Kampung Sehat, YPMAK Telah Melayani 1.000 KK di Pesisir Mimika di Tahun 2022

PELAYANAN | Pelayanan kesehatan kepada masyarakat di pesisir pantai melalui program kampung sehat YPMAK. (Foto: Ist)
PELAYANAN | Pelayanan kesehatan kepada masyarakat di pesisir pantai melalui program kampung sehat YPMAK. (Foto: Ist)

TIMIKA | Selama tahun 2023, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia telah melayani 1.000 kepala keluarga (KK) di pesisir pantai Mimika melalui Program Kampung Sehat.

Program kampung sehat merupakan bentuk komitmen dari YPMAK untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Amungme dan Kamoro.

Dalam siaran pers yang diterima seputarpapua.com, Senin (23/1/2023), laporan akhir tahun 2022 Divisi Kesehatan YPMAK menyebutkan, tercatat sebanyak 15 kampung di 7 distrik telah disasar YPMAK dan memberi manfaat kepada 1.000 kepala keluarga di pesisir Mimika atau sekitar 5.479 jiwa.

Kampung-kampung yang disasar, yakni Kampung Amungun, Aramsolki, Kiliarma, Emkoma Halama, Fakafuku, di Distrik Agimuga. Dimana di kampung-kampung tersebut telah terlayani 55 KK dengan 231 jiwa.

Kemudian di Kampung Kapiraya, Distrik Mimika Barat Tengah, sebanyak 85 KK dengan 314 jiwa. Serta di Kampung Aparuka, Distrik Mimika Barat melayani 30 KK dengan 190 jiwa.

Kemudian di Kampung Aindua dan Umar Ararau, Distrik Mimika Barat Jauh melayani sebanyak 192 KK dengan 972 jiwa. Di Kampung Keakwa, Aikawapuka, Mioko, dan Timika Pantai, Distrik Mimika Tengah sebanyak 335 KK dengan 2.434 jiwa dan di kampung Ohotya/Otakwa, Distrik Mimika Timur Jauh melayani 145 KK, dengan 519 jiwa.

Selain itu juga di Kampung Sumapro, Waituku, dan Bulumen, Distrik Jita, YPMAK melayani 156 KK dengan 953 jiwa.

Pelayanan Kesehatan Masyarat (PKM) ini merupakan bagian dari kegiatan Program Kampung Sehat YPMAK, dimana dalam pelaksanaannya dilakukan oleh Pelkesi wilayah V selaku mitra pengelola program.

Program PKM YPMAK ini meliputi: Layanan Kesehatan di Klinik Franken Mollen, Pemeriksaan Malaria oleh Analis Tim Klinik Bergerak, Layanan Kesehatan oleh Tim Kampung Sehat dan Klinik Bergerak, serta Pembangunan Jamban Keluarga dan Sumur Gali.

Program ini juga dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika agar kedepan tidak terjadi tumpang tindih program. Dimana Tim Kampung Sehat akan bermitra dengan Puskesmas.

Kerjasama ini juga untuk melihat kampung-kampung atau wilayah mana saja yang memang jauh dari pelayanan kesehatan.

Program Kampung Sehat ini akan menyasar 19 Kampung di 5 Distrik di Kabupaten Mimika, Papua.

Lima distrik yang menjadi tujuan pelayanan kampung sehat ini diantaranya Distrik Jita, Mimika Barat Jauh, Mimika Tengah, Mimika Timur Jauh, Agimuga dan Tembagapura.

Kemudian 19 Kampung yang menjadi wilayah intervensi program kampung sehat diantaranya, Sumapro, Waituku, Bulumen, Aindua, Ararau, Keakwa, Aikawapuka, Mioko, Aparuka, Kapiraya, Amungun, Emkomahalama, Ohotya, Opitawak, Miniponogama, Jongkogama, Dolingogin, Beloilawak dan Jagamin.

Tim ini akan bekerja untuk mencapai tujuan dari program kampung sehat ini yakni terciptanya kondisi masyarakat sehat dengan prinsip dan tujuan berkelanjutan di Kabupaten Mimika melalui pelayanan kesehatan yang berkualitas terjangkau dan terintegras.

Pelayanan berkualitas ini mulai dari terlaksananya advokasi penguatan layanan dasar dan penguatan sumber daya manusia, perbaikan kesehatan ibu, anak dan gizi, pengendalian penyakit menular AIDS, TB dan malaria, kusta, filariasis dan covid.

Selain itu juga untuk pengendalian penyakit menular, perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan dan membantu mendata masyarakat untuk kemudian bisa tercover BPJS Kesehatan uang dibiayai oleh YPMAK.

 

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *