Melinus Jikwa, Pemuda Tolikara Penjual Es Jeruk, Hidup Mandiri Sejak Kecil

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
JUALAN – Melinus Jikwa saat berjualan es jeruk di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura.Foto: Istimewa

Menjadi mandiri di usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga dewasa tidaklah mudah. Hal ini tentu membutuhkan kesabaran, ketekunan dan mental yang kuat, dan tentu tidak mudah dilalui kebanyakan orang di luar sana.

Namun perjalanan hidup untuk menjadi seorang yang mandiri ini, ternyata dirasakan oleh seorang pemuda Asli Papua asal Kabupaten Tolikara.

Dia adalah Melinus Jikwa, seorang pemuda kelahiran Tolikara, 2 Februari 2000 yang saat ini baru berusia 21 tahun.

Melinus Jikwa membuktikan bahwa OAP juga bisa maju, bisa berdiri di atas kaki sendiri. Ia membuktikan itu dengan berjuang untuk hidupnya tanpa mau bergantung pada orang tua maupun orang lain. Ia menggeluti dua profesi sekaligus.

Profesi yang mungkin jarang ditemui di Papua, dimana seorang anak Asli Papua mampu berkeliling mencari nafkah dengan berjualan es jeruk di siang hari.

Meski banting tulang di siang hari, Melinus masih harus memangkas waktu istirahat di malam hari dengan bekerja sebagai seorang Security.

Ketika bercerita kepada Seputarpapua.com, Selasa (9/3/2021), Melinus Jikwa yang tinggal di Kabupaten Jayapura, mengatakan mulai berjualan setiap pukul 11.00 siang.

Melinus berjualan keliling kota Sentani di seputaran Hawai, Jalan Kuburan Umum, Bandar Udara, dan beberapa tempat lainnya untuk menjajakan dagangan Es Jeruknya menggunakan gerobak yang bertuliskan A.K.I Merdeka.

Ia menamai gerobak dorongnya A.K.I Merdeka, yaitu sebuah singkatan dari Aktif, Kreatif, Inovatif dan Merdeka. Ini merupakan suatu penyemangat untuknya dalam bekerja.

Modal untuk mendapatkam perlengkapan jualan tersebut diperoleh dari hasil dirinya bekerja sebagai seorang Security.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti