Menanti ‘Jenderal Perang’ Kabupaten Mimika

Ayub Pongrekun
Ayub Pongrekun

Oleh: Ayub Pongrekun

Sekretaris Daerah (Sekda) adalah pengendali jalannya Pemerintahan Daerah. Sekda mesti memiliki kemampuan Analisis, Organisasi, Managerial, Kepemimpinan, memahami sistem pemerintahan Nasional sampai Daerah dan yang paling penting adalah mampu bekerjasama dengan kepala daerah.

Tanggal 22 Juli, PJ Sekda Kabupaten Mimika, Marthen Paiding akan memasuki masa pensiun, dari tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), setelah mengabdi selama 30 tahun lebih. Posisi Sekda mesti diganti dan ditetapkan secara definitive. Hal ini ditindak lanjuti dengan membentuk tim seleksi Sekda yang diketuai oleh PJ Sekretaris Daerah Propinsi Ridwan Rumasukun.

Kepala daerah, Eltinus Omaleng sebagai Bupati dan Wakilnya Johannes Retob tentunya punya kepentingan besar dalam menentukan siapa yang menjadi Sekda Mimika. Selain sebagai Pembina ASN, secara Politik, Sekda menjadi perpanjangan tangan pertama dari kepala daerah dalam menjalankan Program-program untuk mencapai janji-janji kampanyenya.

Menuangkan Janji Kepala Daerah dalam Program Kerja

Saat kampanye Pilkada 2018 lalu, Pasangan OmTob (Eltinus Omaleng dan Johannes Retob) berkeliling ditengah masyarakat untuk menyampaikan Visi dan Misi dengan jargon kampanye Jujur, Amana, Profesional. Pada awal tahun 2020, tepatnya 30 Januari, Pemda Mimika melaksanakan Rapat penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau yang biasa dikenal dengan istilah RPJMD.

Dengan berpedoman Visi dan Misi Bupati, serta mengacu pada Permendagri no 86 tahun 2017 mengenai perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, RPJMD dijabarkan dalam program-program daerah Mimika.

Catatan penting RPJMD Kabupaten Mimika yang telah disusun yaitu mengenai Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, kesejahteraan, Ekonomi Masyarakat. RPJMD kabupaten mesti sejalan dengan RPJMN dan RPJMP.

Tidak cukup hanya pada 5 poin-poin besar diatas, namun RPJMD mesti memiliki dampak atau tingkat pemahaman yang dalam, untuk memberi dampak pada masyarakat. Program bukan hanya dibuat, tetapi mesti memberi dampak, yang bisa diukur dan terasa oleh masyarakat.

Pentingnya Peran Sekda

Produk hukum dari RPJMD Pemda, Pokok-pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Penyerapan Partisipasi masyarakat umum, Hasil Musrembang di kampung-kampung dan Distrik adalah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar