Menata Pasar Sentral, Langkah Kadis Perindag di Apresiasi Legislator Mimika

Herman Gafur.
Herman Gafur.

TIMIKA | Langkah Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Mimika, Papua, Michael R. Gomar, mendapat apresiasi dari Legislator Mimika, Herman Gafur.

Legislator dari Partai Bulan Bintang (PBB) ini secara pribadi mengatakan langkah serta kebijakan yang diambil Kadis Perindag dalam menata pasar sentral, yang mana merangkul warga sekitar pasar dengan baik maupun para pedagang yang selanjutnya dilakukan koordinasi sebelum mengambil langkah penataan.

Hal itu menurut dia sangat baik dilakukan, sebab warga maupun pedagang tentunya dilindungi oleh pemerintah.

“Dia (Kadis Perindag) bangun koordinasi dengan pedagang, dan memang itu harus dilakukan. Artinya, bagaimana pemerintah hadir untuk memberikan kepastian kepada pedagang, dan pedagang hadir untuk memberikan dukungan kepada pemerintah. Karena kalau itu tidak dilakukan, ya sama seperti sebelumnya,” kata Herman di Timika, Selasa (11/8).

Langkah dan kebijakan yang dimaksudkan yakni terkait pendataan ulang kepemilikan lapak-lapak di pasar sentral. Dimana, dari upaya yang sudah dilakukan Dinas Perindag, ternyata menemukan banyak hal janggal mulai dari persoalan sewa menyewa lapak yang sebenarnya tidak diperbolehkan.

Selain itu, penutupan pagar pasar yang sengaja jebol oleh oknum dan dijadikan sebagai akses keluar-masuk warga. Padahal, pagar merupakan fasilitas pendukung pasar yang tidak boleh dijebol, apalagi dijadikan sebagai akses untuk keluar-masuk.

IKLAN-TENGAH-berita

Terkait hal diatas, langkah koordinasi sudah dilakukan bersama warga sekitar, tetapi perlu juga untuk dicarikan solusi agar bagaimana warga sekitar bisa mendapatkan akses, seperti misalnya masih ada lahan 5 meter diluar pagar yang dapat dijadikan untuk akses warga sekitar.

“Makanya saya selaku pribadi, saya berharap pemerintah juga bukan sekedar menutup itu akses, tapi bagaimana mendorong supaya ada jalan alternatif bagi warga-warga yang ada disekitar situ. Nah, itu yang saya pribadi mengharapkan itu,” ujarnya.

“Artinya, disisi lain kebijakan atau penataan pasar itu kita dukung, tapi disisi lain juga pemerintah harus memberikan solusi terhadap warga yang ada disekitar situ,” sambungnya.

Reporter: Saldi
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar