Mendagri akan Canangkan Pembagian 1 Juta Bendera Merah Putih di Merauke

Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Drajat Wisnu Setyawan
Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Drajat Wisnu Setyawan

MERAUKE |  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian diagendakan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Merauke, Papua Selatan pada 12 Agustus 2022.

Tim Kemendagri dan Pemerintah Kabupaten Merauke telah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut kedatangan Menteri Tito di Merauke.

Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Drajat Wisnu Setyawan menyatakan kedatangan Menteri Tito di Merauke tidak lain untuk mencanangkan gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih dari Kabupaten Merauke.

Pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Setyawan menyatakan ada tiga lokasi yang dikunjungi Mendagri Tito Karnavian dan Wakil Mendagri John Wempi Wetipo dalam rangka pencanangan gerakan 10 juta bendera di Indonesia.

“Yakni di Merauke dan di Surabaya oleh Mendagri, Bapak Tito Karnavian. Kemudian di Banda Aceh oleh Wamendagri, Bapak John Wempi Wetipo,” kata Setyawan kepada jurnalis di Merauke, Rabu (10/8/2022).

Setyawan menyebut tim Kementerian Dalam Negeri telah membawa 10.000 bendera merah putih ke Kabupaten Merauke untuk mensukseskan agenda kegiatan dimaksud.

Bendera tersebut akan dibagikan kepada masyarakat untuk dikibarkan, termasuk kepada warga perbatasan Indonesia – Papua Nugini di Distrik Sota dan beberapa daerah perbatasan lainnya.

“Kita harapkan di seluruh wilayah Merauke, baik di perkantoran, rumah penduduk, jalan strategis, termasuk daerah perbatasan itu berkibar bendera merah putih,” tuturnya.

Setyawan menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Merauke selaku tuan rumah untuk kegiatan pencanangan tersebut.

Menurut dia, tim Kemendagri dan Pemkab Merauke sudah melakukan persiapan baik secara teknis dan non teknis.

“Kunjungan Pak Mendagri ke Merauke tidak ada agenda lain selain pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih. Hanya fokus itu saja,” imbuh dia.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke, Ruslan Ramli

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke, Ruslan Ramli menyatakan pemerintah setempat telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut kunjungan Mendagri Tito Karnavian di kabupaten tersebut.

“Secara internal di lingkup Pemkab Merauke, kami sudah lakukan rapat koordinasi dengan jajaran muspida dan unsur keamanan. Hari ini kami rapat bersama tim Kemendagri untuk bicara lebih teknis dan mematangkan persiapan,” kata Ramli.

Ramli menambahkan, pemerintah daerah setempat sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran kepada masyarakat Merauke untuk mengibarkan bendera merah putih mulai 1 hingga 31 Agustus 2022.

Imbauan tersebut juga dalam rangka mendukung gerakan pencanangan 10 juta bendera di seluruh Indonesia.

“Jadi tidak ada bendera yang disiapkan Pemkab Merauke, karena kita sudah keluarkan surat edaran. Saya kira sebagai warga negara, kita patut untuk berpartisipasi dalam memperingati hari kemerdekaan. 10 ribu bendera dari Kemendagri itu akan dibagikan kepada masyarakat yang belum memiliki atau belum memasang bendera,” tandasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.