Mendagri Kunjungi Papua Cek Persiapan Pilkada, Tidak Ada Perkumpulan Massa

Mendagri, Muhammad Tito Karnavian. (Foto: Berti/SP)
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian. (Foto: Berti/SP)

JAYAPURA | Jelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengunjungi Papua untuk melakukan evaluasi dan menitoring secara langsung melalui pertemuan yang digelar di Jayapura, Jumat (10/7).

Dalam pertemuan tersebut, selain membahas persiapan Pilkada berkaitan Naska Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), juga dilakukan sosialisasi protokol kesehatan yang akan diterapkan dalam pesta demokrasi nanti.

Mendagri mengatakan, masyarakat Indonesia khususnya Papua sudah harus belajar beradaptasi dalam semua sektor kehidupan dengan situasi saat ini.

“Jangan kembali ke kehidupan baru tanpa protokol (kesehatan,red),”katanya.

Masyarakat juga perlu menyadari bahwa pandemik Covid-19 sudah menyerang keberlangsungan ekonomi dan sirkulasi dunia, politik dunia khususnya Indonesia terutama menjelang Pilkada serentak tahun ini.

Untuk itu dalam pelaksanaan nanti, pihak penyelenggara, pengawas bahkan pemilih pada saat melakukan pemungutan suara nantinya harus mematuhi protokol kesehatan.

“Wajib mencuci tangan pada saat pemilihan nanti dengan menggunakan sabun. Ada tempat cuci tangan dengan sabun, yang lain menggunakan handsanitizer. Wajib mengantongi handsanitizer, pakai masker,” tutur Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam pertemuan tersebut.

Saat kampanye pun kata Tito, hanya boleh diikuti oleh sekitar 50 orang dengan ketentuan menjaga jarak. Para calon peserta Pilkada juga tidak diperbolehkan melakukan konvoi.

Kondisi saat ini tentu menuntut para peserta Pilkada harus lebih mendorong gagasan baru dan ide-ide kreatif dari para calon peserta maupun pendukungnya.

“Kerumunan sosial tidak boleh terjadi. Pada tahap-tahap seperti pendaftaran yang biasanya membawa rombongan konvoi, No. Tidak boleh ada konvoi pada saat pendaftaran. Dibatasi hanya pendaftar saja dan beberapa orang timnya sementara yang lain virtual,” tegasnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar