Mendagri Resmi Lantik Sekda Mimika Michael Gomar Jadi Penjabat Bupati Mappi

LANTIK | Michael Gomar menandatangani Berita Acara Pelantikan sebagai Penjabat Bupati Mappi dihadapan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Ist/Seputarpapua)
LANTIK | Michael Gomar menandatangani Berita Acara Pelantikan sebagai Penjabat Bupati Mappi dihadapan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Penjabat (Pj) Bupati Mappi, Provinsi Papua, Michael Rooney Gomar, S.STP., M.Si, di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2022).

Pelantikan Pj Bupati Mappi untuk mengisi kekosongan jabatan menyusul berakhirnya masa jabatan Bupati Mappi Definitif Kristosimus Agawemu.

Pelantikan Michael Gomar berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.91-1215 Tahun 2022, tentang penangkatan Penjabat Bupati Mappi Provinsi Papua.

Selain Pj Bupati Mappi, Mendagri juga melantik Pj Bupati Nduga Namia Gwijangge, Pj Bupati Lanny Jaya Petrus Wakerkwa, Pj Bupati Sarmi Markus O. Masnembra dan Pj Walikota Jayapura Frans Pekey.

Pj Bupati Mappi Michael Gomar mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas kepercayaan yang diberikan Negara kepada dirinya.

“Tentunya kepercayaan dari Negara dengan mempertimbangkan dan penilaian yang objektif atas tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada saya,” kata Gomar kepada seputarpapua.com.

Selain itu, Gomar juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng atas dukungan kepada dirinya untuk melaksanan tugas dan tanggungjawab sebagai Penjabat Bupati Mappi.

“Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan penuh dari Bupati Mimika untuk saya melaksanakan tugas atas kepercayaan Negara sebagai Penjabat Bupati Mappi,” tutur Gomar.

Menurut Gomar, sebagai penjabat bupati dirinya akan melakukan konsolidasi dan silaturahmi kepada semua stakeholder. Baik itu Fokopimda, tokoh masyarakat, kepala suku, tokoh agama dan elemen masyarakat lainnya, serta seluruh masyarakat di Kabupaten Mappi.

Tentunya dukungan dan kerjasama yang akan dibangun secara bersama-sama untuk melakukan perubahan, dan juga melanjutkan program kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan pejabat bupati sebelumnya.

“Program kegiatan yang sudah dilaksanakan akan dilanjutkan, tetapi yang belum dilaksanakan akan dilakukan perubahan-perubahan demi kemajuan dan pembangunan di Mappi,” tutur Gomar.

Menurut Gomar, dengan melibatkan semua stakeholder, maka diharapkan dalam kurun waktu satu tahun ke depan hasil pembangunan bisa ada perubahan, demi menjadikan Kabupaten Mappi sebagai salah satu kabupaten yang maju dan berkembang di Provinsi Papua.

“Ini tanggung jawab kita bersama dan kita bersama-sama bergandengan tangan untuk melakukan perubahan, dan juga kemajuan-kemajuan untuk mengangkat Kabupaten Mappi salah satu kabupaten yang juga akan berkembang,” kata Gomar.

“Secara pribadi dan keluarga saya menyampaikan mohon dukungan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama bersinergi dan berkolabrosi melaksanakan program kegiatan pembanguan di Kabupaten Mappi,” tambah Gomar.

Keberhasilan yang dicapai dengan melanjutkan program yang sudah ada, dan melakukan perubahan-perubahan, maka tentunya kata Gomar, menjadi tolak ukur atas kinerja sebagai penjabat bupati untuk melakukan penataan tatanan pemerintahan yang lebih baik sesuai dengan aturan-aturan, kaidah-kaidah pemerintahan yang menjadi aturan dasar dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan pada masyarakat.

Gomar menambahkan, dari semua sektor akan menjadi program prioritas dalam kebijakan pembangunan, baik itu pendidikan, kesehatan, infrastruktur darat laut dan udara. Termasuk menggali potensi-potensi unggulan yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Disamping itu, beberapa program pendidikan peningkatan kualitas SDM melalui beasiswa akan ditingkatkan, sehingga anak-anak usai sekolah dan mahasiswa dari Mappi bisa mendapatkan pendidikan yang lebih layak, dan juga kedepan bisa kembali mengabdi untuk membangun Kabupaten Mappi.

“Target 6 bulan kedepan akan lihat perkembangan untuk melanjutkan yang sudah dilaksanakan bupati sebelumnya, dan juga melakukan perubahan-perubahan pengeloaan tata pemerintahan yang lebih efektif sesuai dengan aturan-aturan pemerintahan yang ada di NKRI,” tutur Gomar.

Gomar kembali menegaskan bahwa kehadiran dirinya sebagai penjabat bupati atas kepercayaan Negara untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Mappi.

Menurut Gomar, ada 4 tugas utama yang diamanatkan Mendagri, yakni:

1. Melaksanakan tugas dan tanggungjawab penyelenggaraan pemerintahan umum, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan;

2. Melakukan reformasi birokrasi Aparatur Sipil Negara sesuai amanat Undang-undang;

3. Menjaga Kamtibmas;

4. Mempersiapkan pelaksanaan Pemilu, Pilpres, Pilkada Gubernur, dan Bupati Tahun 2024.

“Oleh sebab itu mari kita bersatu bergandengan tangan membangun Mappi bersama,” pungkas Gomar.

reporter : Aditra
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.