Mengembangkan Produksi Batik Amungme-Kamoro Salah Satu Program Disperindag Mimika

Kepala DPMK Mimika, Michael Gomar. (Foto: Anya Fatma/SP)
Kepala DPMK Mimika, Michael Gomar. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Selain melakukan pengelolaan dan penataan Pasar Sentral, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika berencana mengembangkan produksi industri kreatif, khususnya Batik Amungme-Kamoro (Amor).

“Dari data yang ada, industri kreatif di Mimika, termasuk industri kecil dan menengah sangat banyak. Sayang sekali kalau tidak dikembangkan potensi-potensi tersebut. Padahal bisa mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat dan pemerintah daerah,” kata Kepala Disperindag Mimika, Michael R Gomar saat ditemui di Pasar Sentral, Minggu (30/8).

Dari kondisi itulah, kata Gomar sapaan akrabnya, pihaknya berencana mengembangkan produksi industri kreatif, dengan memanfaatkan potensi lokal di Mimika, seperti pengembangan Batik Amor, kripik singkong, kerupuk, ukiran, pahatan, dan anyaman atau noken.

“Ini jadi program kami kedepan, dan demi kemajuan Mimika kedepan, khususnya dalam menghadapi PON XX dan Pesparawi XIII 2021 nanti,” katanya.

Oleh itu, pihaknya akan menyiapkan sarana dan prasarana secara khusus, dimana untuk batik dan keripik sudah tersedia mesin.

Disamping itu, melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap para pelaku industri kreatif tersebut, sehingga bisa menjadi binaan dari Disperindag.

IKLAN-TENGAH-berita

“Kami juga akan memfasilitasi kepengurusan produksi industry kratif tersebut untuk mendapatkan izin dari BPPOM. Dengan izin ini, produk yang ada bisa dijual secara meluas, tidak hanya di Mimika tetapi di daerah lain,” kata Gomar.

Tidak hanya itu, menyangkut branding atau merk dari produk yang dihasilkan, pihaknya sudah menyiapkannya.

“Dengan branding yang ada, maka produk-produk unggulan lokal Mimika bisa dipromosikan seluruh daerah di Indonesia. Bahkan kalau memungkinkan kita bisa melakukan ekspor,” ujarnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar