Menghidupkan Terus Denyut Ekonomi Papua Usai PON

Mama-mama Papua sedang menjajakan noken-nya di stand penjualan depan Taman Imbi, Jayapura. (Foto: Humas PON XX)
Mama-mama Papua sedang menjajakan noken-nya di stand penjualan depan Taman Imbi, Jayapura. (Foto: Humas PON XX)

Usai PON XVI digelar, Palembang dapat memanfaatkan infrastruktur yang ada untuk mendorong munculnya agenda-agenda nasional, bahkan internasional. Misalnya, pada 2018 Palembang menjadi tempat terselenggaranya Asian Games mendampingi Jakarta.

“Dengan demikian manfaat ekonominya lebih jangka panjang,” kata Piter.

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang sedang digelar, akan berakhir pada 15 Oktober 2021 mendatang. Berbagai catatan sukses dan gagal Papua, baik sebagai tuan rumah penyelenggara maupun prestasi para atlet, mewarnai event olahraga nasional paling bergengsi ini.

Lalu, bagaimana dengan sukses ekonomi yang yang dienduskan Pemerintah Provinsi Papua? Kita berharap, usai PON XX, infrastruktur PON berupa venue-venue megah yang sudah dibangun dengan dana yang mencapai triliun rupiah itu, jangan dibiarkan terlantar gara-gara biaya pemeliharaanya yang tinggi.

Pemerintah Provinsi Papua dan KONI Papua mulai dari sekarang, harus memutar otak, membuat perencanaan, merumuskan grand desain olahraga untuk menggelar sejumlah event olahraga ke depan guna memanfaatkan modal venue megah ini.

Ada kabar baiknya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali telah ‘membaptis’ Papua sebagai Provinsi Olahraga. Bahkan sejak awal, Mempora sudah jauh hari mengingatkan Pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah-pemerintah kabupaten penyelenggara PON agar menyiapkan rencana pengelolaan venue dan seluruh fasilitas, termasuk penginapan yang bisa mendatangkan ekonomi.

Peluang ini tentu harus dimanfaatkan. Kita semua sepakat dan berharap, sesudah PON XX berakhir, ada event olahraga ikutan lainnya, baik di level daerah, nasional, maupun internasional demi menggairahkan terus ekonomi masyarakat lokal. Sebab olahraga sebagai pesta yang menggembirakan, harus berdampak pada ekonomi yang membawa senyum yang menyejahterakan. Ini sebuah keharusan! (Humas PON XX/Krist Ansaka/Gusty Masan Raya)

editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.