Mengintip Masyarakat Asli Papua di Mimika Menanam Padi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Warga Mulia Kencana bersama Binmas Noken menanam padi sawah, Rabu (3/3/2021). (Foto: Ist/Seputarpapua)
Warga Mulia Kencana bersama Binmas Noken menanam padi sawah, Rabu (3/3/2021). (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Jhon Murib cukup bersemangat menancapkan benih padi di sebuah lahan persawahan yang dikelola bersama kelompok tani Desa Mulia Kencana (SP 7), Distrik Iwaka, Mimika, Rabu (3/3/2021).

Ini bukan kali pertama bagi Jhon Murib menanam padi. Meski berasal dari wilayah pegunungan yang identik dengan pertanian umbi-umbian, Murib rupanya sudah empat kali memanen padi.

“Semoga masyarakat lain bisa ikut belajar menanam (padi), bisa buka lahan lebih luas sampai tahun 2022 dan kebutuhan ekonomi tercukupi,” katanya.

Murib termotivasi mengajak warga lain ikut menanam padi. Melihat hasil dari tanaman sebelumnya cukup menjanjikan, Ia terus membuka lahan meski dengan peralatan seadanya.

Beberapa waktu lalu, Satgas Binmas Noken Polri di Mimika memberikan bibit sayuran dan peralatan pertanian ringan kepada Jhon Murib, untuk terus mengembangkan lahan pertanian.

Kali ini, Binmas Noken dan DPD KNPI Kabupaten Mimika mendampingi dan mendukung Murib bersama warga Desa Mulia Kencana menanam padi.

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada Binmas Noken Polri dan KNPI yang sudah mau membantu, mendukung kami semoga menjadi penyemangat untuk kami semua di sini,” kata Murib.

AKP Jhon Amandus, Pamin Ops Binmas Noken mengatakan pendampingan dilakukan guna merangsang perekonomian warga Mulia Kencana di bidang pertanian yang produktif dan berkelanjutan.

“Kegiatan ini juga menjadi sarana bertukar ilmu antara masyarakat pendatang petani padi dan orang asli Papua yang biasanya hanya menanam umbi-umbian. Sekarang bisa belajar menanam padi,” kata dia.

Berita Terkait
Baca Juga