Menkes: Penerima Vaksin Diberi Sertifikat dan Bebas Bepergian Tanpa PCR

1610631904704

TIMIKA | Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin setuju dengan masukan Komisi IX DPR agar warga yang divaksinasi Covid-19 mendapat manfaat berupa sertifikat kesehatan.

Menkes Budi juga menerima masukan, sebaiknya pemerintah tidak perlu membuat warga ketakutan dengan konsekuensi pidana apabila menolak divaksin, melainkan lebih pada manfaat kemudahan yang bisa didapatkan.

“Ada ide yang sangat bagus. Misalnya kalau yang sudah vaksin, kita akan kasih sertifikat, bukan fisik, tapi semacam sertifikat digital,” katanya dikutip Seputarpapua dari siaran langsung rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR, Kamis (14/01/2021).

Menurut Budi, electronic health certificate atau sertifikat kesehatan elektronik nantinya akan dihadirkan secara terintegrasi melalui aplikasi di Apple Wallet maupun Google Wallet.

Dengan demikian, penerima vaksin yang sudah mendapat sertifikat digital, bisa dengan mudah bepergian hanya dengan menunjukkan sertifikat, tanpa harus membawa hasil tes PCR maupun antigen.

“Jika yang bersangkutan terbang, tidak perlu menunjukkan hasil PCR test atau test antigen. Dengan menggunakan electronic health certificate itu, dia bisa langsung lolos dan itu terintegrasi,” jelas Budi.

IKLAN-TENGAH-berita

Lebih lanjut Budi, pemberlakuan sertifikat kesehatan Covid-19 tersebut selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan dan kementerian terkait lainnya agar bisa diintegrasi antarlembaga.

“Ide tersebut saya rasa bagus sekali dari bapak/ibu Dewan. Nanti saya akan bicarakan dengan Kementerian Perhubungan supaya jadi sifatnya insentif yang diberikan ke masyarakat yang melakukan vaksinasi,” kata dia.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar