seputarpapua.com

Menkes Sebut Tenaga Kesehatan akan Jadi Sasaran Utama Vaksin

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
ANGKUT | Prosedur pengangkutan envirotainer di Bandara Internasional Beijing. (Foto: BPMI)
ANGKUT | Prosedur pengangkutan envirotainer di Bandara Internasional Beijing. (Foto: BPMI)

TIMIKA | Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menyebutkan bahwa penerima vaksin yang menjadi sasaran utama pada Pengadaan Tahap I Vaksin Covid-19 adalah tenaga kesehatan.

“Untuk vaksin pertama ini, akan diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai sasaran utama,” terang Terawan dalam Konferensi Pers Online, Senin (7/12).

Di dalam tenaga kesehatan tersebut, menurut Terawan, terdapat asisten tenaga kesehatan dan juga tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan.

“Dalam hal ini, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten dan kota yang selanjutnya data tersebut dimasukan dalam Tim Sistem Informasi KPC PEN yang kemudian akan menyiapkan data sasaran dalam bentuk by name by address ,” terang Terawan.

Ditegaskannya bahwa Pmerintah hanya akan menyediakan vaksin yang terbukti aman, dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO.

Untuk diketahui, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin telah tiba di Jakarta pada Minggu (6/12) yang merupakan bagian dari Pengadaan Tahap Pertama sebanyak 3 juta dosis jenis SARS-Cov II yang inaktifasi.

“Selanjutnya, vaksin akan segera dilakukan persetujuan emergency use authorization -nya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan sesuai dengan scientify dan ketentuan perundang-undangan,” ujarnya.

Dijelakan bahwa sampai saat ini, origin, packing list dan lain-lainnya sebagai bagian dari pemeriksaan kualitas vaksin, termasuk dokumen arrival report sudah diperiksa Pemerintah.

“Kemudian pengisian dokumen vaksin arrival report juga dilakukan pemeriksaan dengan benar sesuai dengan pemeriksaan fisik vaksin,” kata Terawan.

Berita Terkait
Baca Juga