Menkes Terawan Harap Tenaga Medis di Papua Terus Jalankan Protokol Kesehatan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

JAYAPURA | Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengharapkan para tenaga medis di Papua terus menjaga kesehatannya dengan menjalankan protokol kesehatan agar dapat menekan angka penularan di wilayahnya.

“Saya berharap tidak hanya tenaga medis namun para pejabat juga terus menjalankan protokol kesehatan dan menjadikannya sebuah kearifan tersendiri,” katanya.

Menurut Terawan, jika protokol kesehatan terus dilakukan dan angka penularan COVID-19 menurun, maka Papua dapat masuk menjadi kategori zona hijau.

“Jika protokol kesehatan dilakukan maka Papua bisa menjadi zona hijau seperti kondisi hutannya yang hijau semua,” ujarnya.

Dia menjelaskan hal ini diyakininya karena motivasi yang baik dari semua kalangan masyarakat, baik dari tenaga medis, pejabat hingga aparatnya untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau dilihat dari angka kematian, Papua sangat kecil dibandingkan nasional di mana ada 20 kematian dari total 2000-an lebih atau jika dipresentasekan hanya sekitar satu persen lebih dibandingkan angka dunia,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap angka kematian ini dapat terus kecil, sedangkan untuk angka positif tergantung “tracing” yang dilakukan dan hal tersebut juga sangat baik untuk menggambarkan penularan atau infeksi di daerah.

“Namun, yang jauh lebih penting adalah angka kematian, selama angka ini terus bisa ditekan di bawah angka dunia, itu sudah sangat luar biasa,” ujarnya lagi.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar