Menteri PPPA Hadiri Pentas Seni HAN 2022 di Asmat

Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati saat memberikan sambutan pada pentas seni peringati HAN 2022 di Asmat, Selasa (9/8/2022). (Foto: Fagi)
Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati saat memberikan sambutan pada pentas seni peringati HAN 2022 di Asmat, Selasa (9/8/2022). (Foto: Fagi)

ASMAT | Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI) I Gusti Ayu Bintang Darmawati menghadiri pentas seni di Lapangan Yos Sudarso, Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Selasa (9/8/2022).

Pentas seni yang diikuti pelajar ini dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022.

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Asmat bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) dan lembaga perempuan terkait.

Selain menampilkan kreatifitas seni, para pelajar juga melakukan ‘long march’ yang dipimpin Ketua Forum Anak Kabupaten Asmat (Foras) Silvester Siforo Junior asal SMP Negeri Mbait Kota Agats.

Sambil berjalan mengelilingi Kota Agats, para pelajar juga membawa sejumlah pamflet bertuliskan ‘Stop Kekerasan Terhadap Anak’, ‘Stop Memakai Lem Aibon’, ‘Stop Pelecehan Anak Di Bawah Umur.

Selain itu, sejumlah pamflet dukungan perlindungan anak dan perempuan lainya juga dibawa para pelajar.

Usai kegiatan, Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati didampingi Bupati Asmat Elisa Kambu, dan Ketua TP PKK Asmat Orpa Susana Kambuaya Kambu membagikan hadiah kepada juara pentas seni.

Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati merasa bahagia bisa sampai di Tanah Asmat.

“Saya akan merindukan semangat perempuan dan anak-anak di Kabupaten Asmat,” kata Ayu.

Menurut Ayu, Hari Anak Nasional bukan kegiatan formalitas belaka, tetapi bagian dari evaluasi bahwasanya masih banyak perempuan menderita karena KDRT, dan  anak-anak yang belum dipenuhi haknya.

Bukan hanya orang tua yang berhak melindungi anaknya, tetapi semua elemen bertanggungjawab memperhatikan kehidupan anak-anak.

Dilain sisi, Ayu berjanji akan membangun taman bermain anak yang berlokasi di samping Lapangan Yos Sudarso Agats.

“Kita sudah berkunjung bersama Tim PUPR RI, kami pulang dari Kota Agats Kabupaten Asmat akan evaluasi dan ekseskusi taman bermain untuk anak-anak di Asmat,” ujar Ayu.

Dalam rangka memperingati HAN 2022, Ayu mengakui telah memberikan sejumlah bingkisan untuk anak-anak berupa, makanan tambahan gizi, pakain seragam, alat perangkat bermain untuk anak dan bantuan lainnya.

“Semoga menambah daya semangat anak-anak untuk tetap bersekolah dan menjadi generasi hebat kedepanya,” pungkas Ayu.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Faqi Difinubun
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.