Merauke Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Pameran AKI 2023

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Merauke, Benhur Rentandatu.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Merauke, Benhur Rentandatu.

MERAUKE | Kabupaten Merauke, Papua Selatan ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) pada 2023 mendatang.

Penunjukan tersebut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpakeraf), Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri pameran AKI pada 11 September 2022 lalu di Ambon.

Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif di subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film dan musik yang diselenggarakan di 16 kota/kabupaten di Indonesia.

Program yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini digulirkan untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Benhur Rentandatu menyatakan bahwa Kabupaten Merauke hadir sebagai peserta dalam pameran AKI di Kota Ambon pada 11 September 2022.

Dalam unjuk karya para pelaku ekonomi kreatif secara nasional itu, Kabupaten Merauke menampilkan produk-produk daerahnya, antara lain madu pokos – madu hutan yang dikelola oleh pelaku usaha orang asli Papua di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

“Kami bawa madu pokos kemarin di final AKI di Ambon, dan bahkan diapresiasi Pak Menteri. Beliau kemudian menyampaikan statemen bahwa 2023 salah satu kota penyelenggara pameran AKI adalah Merauke,” kata Benhur, Kamis (1/12/2022).

“Selama ini hanya 16 kota saja di Indonesia, dan belum ada kota/kabupaten di Papua yang menjadi penyelenggara AKI selama ini. Kita bangga Merauke ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan AKI 2023,” sambungnya.

Benhur mengatakan penyelenggaraan pameran AKI di Merauke akan disesuaikan dengan jadwal dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mengingat setiap penyelenggaraan final Apresiasi Kreasi Indonesia di setiap kota, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Solahuddin Uno selalu berkenan hadir.

“Kami harapkan ketika Merauke menjadi kota penyelenggara ke depan Pak Menteri bisa hadir,” imbuhnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.