Mesin ATM Dibobol, Bank Mandiri Mimika Alami Kerugian Ratusan Juta

PETUGAS | Petugas Bank Mandiri saat melakukan pengecekan dan mengamankan uang yang berada di mesin ATM di depan Kokarfi Jalan Budi Utomo. (Foto: Muji/SP)
PETUGAS | Petugas Bank Mandiri saat melakukan pengecekan dan mengamankan uang yang berada di mesin ATM di depan Kokarfi Jalan Budi Utomo. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Kantor Cabang Bank Mandiri Mimika mengalami kerugian ratusan juta, akibat pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berada di depan koperasi karyawan PT Freeport Indonesia (Korkarfi), Jalan Budi Utomo, Selasa (26/5) dini hari, sekitar pukul 01.45 WIT.

Kepala Kantor Cabang Bank Mandiri Mimika, Karyawidna Ukar mengatakan, kejadian pembobolan mesin ATM ini diketahui sekitar pukul 05.30 WIT, saat petugas hendak melakukan pemeriksaan dan pengecekan ATM yang tersebar di Kota Timika.

“Disaat hendak dilakukan pemeriksaan dan pengecekan, mesin ATM tersebut sudah rusak. Sehingga lapor ke saya, dan kami pun berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Mimika,” kata Ukar di lokasi kejadian.

Kata dia, mesin ATM ini semua rusak karena dibongkar oleh pelaku. Dan untuk uang yang diambil belum diketahui berapa banyak, karena masih dihitung pihakya.

Namun, untuk kerugian yang dialami dengan rusaknya mesin ATM ini bisa mencapai ratusan juta.

“Ya kalau untuk kerugian uang yang diambil, kami masih hitung. Tapi kelihatannya tidak banyak, karena hanya uang yang ada diluar saja. Sementara untuk di dalam tidak ada. Sementara untuk kerusakan mesin, mencapai ratusan juta,” katanya.

Dari kondisi ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan pimpinan wilayah untuk melakukan penutupan sebagian mesin ATM. Khususnya, mesin ATM yang berada di publik area yang tidak ada penjagaan serta pengamanan.

Apalagi sekarang ini diberlakukan Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD), sehingga jarang dilakukan pemeriksaan.

“Mesin ATM yang kami kelola kurang lebih 30an unit. Dan kami akan pertimbangkan keamanan, maka kami usulkan untuk dilakukan penutupan sementara,” tuturnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar