Mgr. Yanuarius You Jadi Uskup Jayapura Ukir Sejarah Baru Gereja Katolik di Papua

Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You. (Foto: Komsos Jayapura)
Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You. (Foto: Komsos Jayapura)

TIMIKA | Penunjukan Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You sebagai Uskup Keuskupan Jayapura mengukir sejarah baru dalam Gereja Katolik di Tanah Papua.

Romo Reverendus Dominus (R.D) Yanuarius You yang kemudian mendapat gelar kehormatan Monsignor (Mgr) dalam pengangkatannya oleh Paus Fransiskus, kini tercatat sebagai orang asli Papua pertama menjadi Uskup.

Penunjukan Mgr. Yanuarius You disambut penuh sukacita oleh seluruh umat Katolik di Papua, sejak pengumuman resmi oleh Tahta Suci Vatican berjudul “resignation and appointment of bishop of Jayapura, Indonesia” pada Sabtu (29/10/2022).

Pengumuman tersebut sekaligus mengonfirmasi bahwa Paus Frasiskus menyetujui pengunduran diri Uskup Jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM karena alasan usia.

Salah satu tokoh Papua, Wilhelmus Pigai, megatakan, doa dan harapan umat mendambakan seorang Uskup orang asli Papua, kini telah terkabul lewat Paus Fransiskus yang telah mengangkat R.D Yanuarius You, Pr sebagai Uskup pertama orang asli Papua.

“(Saatnya) bergandengan tangan mendukung Uskup Jayapura terpilih,” kata Wilhelmus kepada seputarpapua.com, Minggu (30/10/2022).

Sebelumnya, Uskup Emeritus Jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM membacakan kabar gembira yang diteruskan Dubes Vatican tersebut di Gereja Kristus Raja – Katedral Jayapura, Sabtu (29/10/2022).

“Bapa Suci Paus Fransiskus telah mengangkat seorang imam untuk menjadi Uskup Jayapura yang baru meneruskan karya Anda. Anda ini saya,” kata Mgr. Leo Ladjar.

Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You adalah orang asli Papua, lahir pada tanggal 1 Januari 1961 di Uwebutu, sebuah kampung di tepi Danau Tage Paniai.

Ia menyelesaikan studi filsafat dan teologi di STFT Fajar Timur tahun 1987, Master Psikologi di Universitas Gajah Mada tahun 2007-2010, dan Doktor Antropologi di Universitas Cenderawasih tahun 2020.

Yanuarius You ditahbiskan menjadi imam pada 16 Juni 1991 di Nabire.

Tugas Pastoral sebagai Pastor Paroki Kristus Terang Dunia Waena (1991-1998), Pastor Paroki St. Willibrordus Arso dan Dekan Dekanat Keerom (1998-2002), Vikaris Jenderal Keuskupan Jayapura dan Pastor Paroki Katedral (2002-2006).

Selanjutnya, Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Teologi Katolik (STTK), Kepala di Rumah Pembentukan Formasi St. Yohanes Maria Vianney Keuskupan Jayapura (2015-sekarang), Ketua Pengawas YPPK St. Fransiskus Asisi, terakhir Ketua dan Dosen STFT Fajar Timur serta STPK di Waena.

Tanggapi Berita ini
reporter : Sevianto Pakiding
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.