Michael Gomar Lihat Langsung Sarpras dan Layanan Publik di Distrik dan Kampung

Kunjungan kerja Pj Bupati Mappi Michael Gomar bersama rombongan di kampung dan distrik. (Foto: Ist for Seputar Papua)
Kunjungan kerja Pj Bupati Mappi Michael Gomar bersama rombongan di kampung dan distrik. (Foto: Ist for Seputar Papua)

TIMIKA | Penjabat Bupati Mappi, Provinsi Papua Selatan, Michael Gomar melihat langsung kondisi sarana prasarana (sarpras) dan pelayanan publik kepada masyarakat di kampung dan distrik.

Sejak dilantik menjadi penjabat bupati pada Mei 2022 lalu, ini merupakan kunjungan kerja perdana ke distrik-distrik.

Tidak tanggung-tanggung, Gomar langsung berkunjung ke lima distrik yang letaknya cukup jauh dari Kota Kepi, Ibu Kota Kabupaten Mappi.

Untuk bisa sampai ke distrik-distrik itu, Gomar dan tim menggunakan speedboat dengan jarak tempuh sampai 3 jam dari satu distrik ke distrik lainnya.

Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Mimika itu sampai bermalam selama lima hari dalam kunjungan kerjanya.

Dalam kunjungan itu, ada dua anggota DPRD yang juga ikut, ada perwakilan dari Polres Mappi, Kapolsek Edera, Wadanki Kompi 2 Bade dan rombongan yang disambut masyarakat penuh antusias.

Adapun lima distrik yang dikunjungi diantaranya, Distrik Edera, Distrik Yakomi, Distrik Venaha, Distrik Syachme dan Distrik Bamgi.

Pada kesempatan itu, Gomar melihat langsung kondisi di kampung dan distrik sekaligus mendengar masukan dari masyarakat terkait sarpras dan juga pelayanan publik seperti di sekolah, puskesmas, rumah ibadah hingga fasilitas TNI-Polri.

Ia menjelaskan, untuk fasilitas pemerintahan mulai kantor distrik, puskesmas, sekolah-sekolah, rumah ibadah, infrasturktur jalan dan jembatan, air bersih, penerangan, dan jaringan telekomunikasi masih banyak yang harus dibenahi, mulai dari gedung beserta fasilitas pendukung dan petugas.

Dalam kesempatan tersebut Gomar juga menyerahkan buku tulis untuk siswa SD di sejumlah distrik.

“Dalam kunjungan ini tentunya kami bisa melihat dan mendengar secara langsung kondisi dilapangan, serta mendengar kendala masukan dan saran dari masyarakat,” ungkapnya.

Lanjutnya Gomar, aspirasi berupa saran dan masukan yang diterima pihaknya nantinya akan menjadi prioritas Pemda Mappi kedepannya.

Banyak keluhan saran dan masukan yang sudah diterima dan itu akan menjadi fokus kebijakan prioritas pembangunan yang akan diprogramkan  kedepannya.

Namun tentu diketahui bersama bahwa tidak semua bisa dilakukan secara serentak.

“Akan tetapi secara bertahap dan berkelanjutan akan kami realisasikan  mulai dengan melihat program yang prioritas dan urgent di masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kunjungannya tersebut Gomar juga meminta masyarakat untuk terus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, mendukung proses tahapan hingga pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Ia juga meminta para kepala kampung agar pengelolahan dan alokasi Dana Desa (DD) harus tepat sasaran kepada masyarakat.

Tim akan kembali melakukan kunjungan kerja di sembilan distrik lainnya, yang akan dilaksanakan pekan depan.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.