Mimika Bakal Punya Kantor Imigrasi Kelas I

Kepala Kanwil Kemenkumham Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba
Kepala Kanwil Kemenkumham Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah bakal membangun Kantor Imigrasi baru yang nantinya akan dihibahkan kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mimika, Robert D. Mayaut mengungkapkan, pembangunan kantor baru dilakukan lantaran kantor lama Imigrasi terkena imbas pelebaran Jalan C. Heatubun atau jalan menuju terminal baru Bandara Mozes Kilangin.

“Karena kami kerja jalan Heatubun, itu kena halaman kantor imigrasi. Itu cukup luas, sehingga tidak memenuhi lagi sebagai syarat kantor naik kelas I, sehingga kita harus bangun baru,” katanya saat menghadiri kegiatan Pembukaan Pelatihan Kemandirian di Lapas Kelas II B Timika, Rabu (19/6/2024).

Nantinya ketika gedung baru Imigrasi selesai dibangun, gedung lama akan menjadi aset atau milik Pemkab Mimika dan gedung baru akan diberikan kepada Kanwil Kememkumham Papua dalam hal ini Kantor Imigrasi Kelas II Mimika.

“Sementara ini (progres pembangunan tahap I,red) masih dalam proses lelang dengan nilai sekitar 40 miliar lebih,” ujarnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kemenkumham Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba mengungkapkan, pihaknya sudah membuat telaah dan melapor kepada Bupati dan Wakil Bupati Mimika bahwa kantor Imigrasi yang akan dibangun nantinya akan diusulkan untuk dinaikkan kelasnya menjadi Kantor Imigrasi Kelas I.

“Dalam perencanaan pembangunan, itu sudah digambar mengikuti prototype kantor Imigrasi kelas I, dan kalau kantor ini selesai mungkin akan menjadi kantor imigrasi terbaik di Indonesia, dan semua itu berkat dan dukungan Pemkab Mimika,”
tuturnya.

Menurut Anthonius, Pemkab Mimika mungkin menjadi salah satu pemerintah daerah di Indonesia yang memberikan dukungan pembangunan sebuah kantor Imigrasi.

“Ini sesuatu yang luar biasa, yang di Indonesia tidak banyak pemerintah daerah memberikan dukungan, hanya di Mimika dan Kutai Kartanegara,” ungkapnya.

“Gambar kantor imigrasi Mimika sudah kami laporkan kepada Bapak Menteri Hukum dan HAM dan beliau menyetujui,” imbuhnya.

Anthonius berharap adanya kantor ini kedepan dapat mendukung proses keimigrasian di Mimika.

Dikutip dari laman resmi LPSE Mimika, lokasi tempat pembangunan gedung baru Kantor Imigrasi berada di Jalan Cenderawasih, SP 2, dengan total pagu anggaran Rp47.533.819.003,00 yang bersumber dari APBD Mimika tahun anggaran 2024.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan