Mimika Berencana Berlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar

Reynold Ubra (Foto: Sevianto/SP)
Reynold Ubra (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika berencana melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di daerah itu.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan data-data yang akan diberikan kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng agar menaikkan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat mengikuti keputusan Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Itu meningkat secara nyata di Kota Jayapura, Timika, Merauke, sehingga sudah menaikkan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat. Sepertinya nanti di Kabupaten Mimika pun akan melakukan hal seperti itu,” kata Reynold di Posko Penanganan Covid-19, Jalan Cenderawasih, Sabtu (11/4).

Lebih lanjut, Reynold menyebut bahwa sejak pekan lalu pihaknya telah mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan untuk memberlakukan PSBB.

Bahkan kata Rey, pihaknya telah menerima balasan dari Kemenkes untuk melengkapi beberapa data dan direncanakan akan disampaikan pada Senin 13 April 2020.

“Jadi kami sebenarnya sudah mengusulkan itu (PSBB-Red) ke Kemenkes pada minggu lalu. Jika tidak ada halangan Senin kami akan menyampaikan itu, tapi harapan dari kepala daerah untuk kita usulkan PSBB,” tambah Reynold.

IKLAN-TENGAH-berita

Bukan tanpa alasan, Reynold menyebutkan beberap hal yang dipertimbangkan sebagai alasan untuk mengusulkan pemberlakuan PSBB di Mimika.

“Saya fikir salah satu data yang menunjukkan adalah jumlah kasus positif yang meningkat,” sebutnya.

Sehingga dengan begitu, kecenderungan untuk terjadinya transmisi lokal terus terjadi.

“Kemudian berapa banyak proporsinya kami masih lakukan validasi data,” ujarnya

Selain itu, Reynold mengatakan bahwa jika dilihat, sebaran PDP, ODP dan OTG hingga saat ini ada di Distrik Mimika Baru, Mimika Timur, Kuala Kencana hingga yang dilaporkan oleh RS Tembagapura.

“Jadi empat poin ini sudah memenuhi kriteria untuk pengusulan PSBB,” katanya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar