Mimika Datangkan Rapid Test Covid-19, Hasilnya Langsung Diketahui

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra. (Foto: Sevianto/SP)
Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, mendatangkan alat pemeriksaan cepat (rapid test) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) untuk melakukan tes secara mandiri.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra, mengatakan rapid test tersebut telah tiba di Timika pada Selasa (24/3) besok atau paling lambat Rabu (25/3).

“Jadi secara mandiri kami bisa melakukan tes disini, di Timika. Pertama lebih kurang 200 rapid test akan datang dari 500 yang kita pesan,” kata Reynold yang juga Plt. Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Senin.

Menurut Reynold, ini merupakan rapid antigen, alat tes diagnostik cepat yang secara langsung mendeteksi ada atau tidaknya antigen, termasuk berupa protein yang terkandung pada Coronavirus.

“Jadi betul-betul kami deteksi virusnya. Tetapi tes ini tidak bisa dilakukan di puskesmas, mengingat tes ini sangat infeksius,” katanya.

Ia menyebutkan, rapid test tersebut langsung bisa menunjukkan hasil hari itu juga ketika dilakukan pemeriksaan.

Tes cepat ini dilakukan bagaimana menyelamatkan pasien dan orang di sekitarnya, atau mereka yang melakukan kontak langsung, tidak tertular oleh pasien positif.

“Lebih kepada pertimbangan medis dan juga pertimbangan epidemologi agar tidak terjadi penularan baru. Karena kalau tidak ada tes, bagaimana kita tahu pasien terinfeksi atau tidak,” kata Reynold.

Untuk melakukan tes, telah disiapkan dokter spesialis patologi klinik yang juga sekaligus mengarahkan, apakah tes disarankan untuk pemeriksaan lebih banyak pasien.

“Setelah ini, kami akan membicarakan untuk menentukan kriteria sasaran tes untuk 200 alat tes tersebut. Karena kami pesan 500, sisahnya akan datang menyusul,” katanya.

Hingga kini belum ditemukan orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) berdasarkan hasil Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) 24 jam.

“Ini berita gembira untuk kita di Mimika. Karena sampai hari ini belum dilaporkan menemukan status ODP dan PDP, dan kita segera melakukan tes secara mandiri,” pungkas Reynold.

 

Reporter: Sevianto
Editor: Misba

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar