Mimika Masuk Nominasi Penilaian Pembangunan Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR

Inonensius Yoga Pribadi
Inonensius Yoga Pribadi

TIMIKA | Saat ini sebanyak tujuh orang Tim Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah berada di Kabupaten Mimika, untuk melakukan penilaian terkait pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan.

Penilaian ini sendiri dilakukan, karena Kabupaten Mimika masuk sebagai nominasi pembangunan jalan dan jembatan, yang nantinya akan diumumkan dalam peringatan Hari Jalan Nasional pada 3 Desember 2021.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika, Inosensius Yoga Pribadi mengatakan, sejak Senin (22/11/2021) kemarin, Tim Kementerian PUPR sedang berkunjung ke Mimika untuk melakukan beberapa penilaian terhadap pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan.

Penilaian ini sendiri berkaitan dengan peringatan Hari Jalan Nasional pada 3 Desember 2021.

Mimika salah satu kabupaten di Indonesia yang masuk nominasi untuk dilakukan penilaian.

“Kurang lebih ada 6-9 kabupaten dan kota di Indonesia yang masuk nominasi, dan salah satunya adalah Mimika,” kata Yoga saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/11/2021).

Kata dia, dari penilaian ini ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Tim Kementsrian PUPR, seperti desain dan rencana pembangunan, serta aplikasi yang digunakan.

Kemudian, apakah ada inovasi bahan pembangunan jalan dan jembatan itu juga menjadi penilaian.

Serta pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan yang menggunakan atau bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Mereka sudah datang dari kemarin dan telah melakukan pemeriksaan administrasi. Hari ini turun ke lapangan untuk melihat langsung pekerjaan jembatan dan jalan yang ada,” katanya.

Kata Yoga, dalam penilaian tim akan mengambil video sebagai bukti tentang desain dan pembangunan ruas jalan terbaik dan terjelek di Mimika. Karenanya Dinas PU Mimika menunjukkan jalan yang dimaksudkan.

Namun dirinya tidak mengetahui secara pasti, jalan mana yang ditunjuk. Ini karena saat turun lapangan, Tim Kementerian PUPR didampingi Kabid Bina Marga dan Kepala Dinas.

Yoga mengatakan, setelah melakukan penilaian, maka hasilnya dibawa ke pusat untuk dilakukan peringkat dengan daerah lainnya, sehingga bisa ditentukan, siapa terbaik 1, 2, dan 3.

Hasilnya daerah akan mendapatkan reward dari kementerian, apakah itu penambahan DAK, pemberian alat berat yang dikelola oleh dinas untuk pemeliharaan.

“Ini baru pertama kali Mimika masuk nominasi dan tim mengikuti jejak program Dinas PUPR di Mimika, khususnya yang bersumber dari DAK. Mudah-mudahan mendapatkan peringkat terbaik,” ujarnya.

Ia menambahkan, kalau ditanya standar dari penilaian, maka jawabannya tidak mengetahui secara pasti, karena itu ranah kementerian PUPR untuk menilai infrastruktur jalan dan jembatan.

“Namun yang jelas, mereka melihat tentang desain, aplikasi apa yang digunakan di Mimika untuk melakukan perencanaan. Sejauh mana kesiapan pemda untuk melakukan pemeliharaan jalan dan jembatan,” ungkapnya.

reporter : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.