Mimika Mulai Masuk Puncak Musim Hujan, BMKG Ingatkan Potensi Banjir

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Mimika William Titahena saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (11/7/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Mimika William Titahena saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (11/7/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Kabupaten Mimika, Papua Tengah mulai memasuki puncak musim hujan.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Mimika William Titahena mengungkapkan musim hujan di Mimika biasa terjadi pada bulan Juni, Juli dan Agustus.

“Ini kan sudah masuk pertengahan Juli yah, bisa dikatakan (Mimika) sudah masuk di puncaknya (musim hujan), Juni kan awal, masuk Juli ini mulai puncaknya kemudian di akhir Agustus nanti mulai masuk musim pancaroba lagi,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (11/7/2024).

Apabila dilihat dari curah hujan selama bulan Juli dari tanggal 1 hingga 10, terpantau total hampir 200 mm.

“Jadi dari tanggal 1 sampai dengan 10 itu ada hujan, paling tinggi di tanggal 9 sampai 117 mm,” jelasnya.

Selain curah hujan, puncak musim hujan juga bisa dilihat dari awan yang terbentuk di Mimika, dimana jenis awannya rendah dan aktif menghasilkan hujan.

William mengingatkan masyarakat potensi banjir dan longsor, terutama di wilayah Tembagapura sebab intensitas hujan yang lebih tinggi. Kemudian di khusus masyarakat di Kota Timika juga diingatkan tentang banjir terutama mereka yang tinggal di lokasi yang saluran pembuangan airnya buruk.

“Selama ini belum ada warning (peringatan soal intensitas hujan lebat) karena hujan hanya intensitas ringan meskipun durasinya lama, kalau ada pun pasti kami akan keluarkan,” katanya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan