Mobilitas Jelang Nataru Tinggi, Konsumsi Avtur di Papua Naik 17 Persen

Pertamina Patra Niaga Regional Papua-Maluku
Pertamina Patra Niaga Regional Papua-Maluku saat memantau pengisian avtur di Bandara Sentani. Foto: Firga/Seputarpapua

SENTANI | Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), konsumsi bahan bakar avtur di wilayah Papua mengalami peningkatan yang signifikan. Tercatat hingga saat ini konsumsi avtur naik sebesar 17 persen di wilayah Papua.

Executive General Menager Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Sunardi, mengatakan kenaikan ini sudah terjadi sejak satu minggu terakhir.

“Catatan kita sebelum natal konsumsi avtur kita sekitar 645 kilo liter per hari, namun menjelang natal ini meningkat menjadi 722 kilo liter per hari atau naik sekitar 17-18 persen,” kata Sunardi kepada wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (22/12/2023).

Sunardi menyebut, kenaikan ini terjadi karena mobilitas masyarakat menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meningkat, sehingga sejumlah maskapai penerbangan harus menambah ekstra flight.

“Untuk diketahui bahwa salah satu transportasi yang sering digunakan di Papua adalah transportasi udara, sehingga di momen natal dan tahun baru ini ada penambahan flight (penerbangan) menuju ke wilayah pagunungan Papua dan juga menuju ke luar Papua di sore hari. Ini yang membuat kenaikan konsumsi avtur kita meningkat,” jelas Sunardi.

Meski terjadi kenaikan konsumsi avtur, Sunardi mengatakan bahwa persediaan yang dimiliki oleh Pertamina Patra Niaga Papua-Maluku masih mencukupi hingga 27 hari ke depan.

“Secara umum konsumsinya naik, tapi persediaan stok kita juga sudah bertambah, bahkan stok yang kita miliki saat ini bisa bertahan selama 27 hari ke depan,” ungkapnya.

Selain avtur, Sunardi juga memastikan bahwa ketersediaan stok BBM dan LPG untuk natal dan tahun baru di Papua-Maluku sangat mencukupi sehingga masyarakat diminta tidak khawatir.

“Untuk stok BBM, LPG, dan produk /Pertamina lainnya hingga saat ini masih sangat mencukupi, sehingga kami imbau warga tidak usah khawatir karena tidak akan terjadi kelangkaan BBM selama libur natal dan tahun baru,” terangnya.

Sunardi menambahkan, pihaknya juga sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk mengawasi dan memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama libur natal dan tahun baru di seluruh wilayah Papua-Maluku.

Tim Satgas Nataru ini bertugas sejak tanggal 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mendatang.

“Demi memastikan kelancaran distribusi BBM dan LPG di masa Nataru 2023/2024 ini kami resmi bentuk Tim Satgas yang bertugas mulai 15 Desember kemarin hingga nanti 7 Januari 2024,” tandasnya.

penulis : Firga
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan