Motif Pembunuhan 2 Warga di Yahukimo, Pelaku Ingin Dirikan Kodap 37 Yahukimo-Korowai

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani. (Foto: Dok Satgas Humas)
Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani. (Foto: Dok Satgas Humas)

TIMIKA | Kepala Operasi (Kaops) Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Ramadhani mengungkap bahwa, pembunuhan 2 warga sipil di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan lantaran para pelaku ingin menunjukkan eksistensi.

Polres Yahukimo dan Satgas Operasi Damai Cartenz pada Kamis, 4 Mei 2023 melakukan penggerebekan salah satu rumah di wilayah Yahukimo yang diduga tempat persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah itu.

Dalam penggerebekan Tim Gabungan yang terdiri dari personel Polres Yahukimo dan Satgas Operasi Damai Cartenz berhasil menangkap sembilan orang. Dari kesembilan orang ditangkap, tiga orang diantaranya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan dua warga sipil di Jalan Statistik Dekai, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo pada Minggu, 30 April 2023.

Kaops Kombes Faizal mengungkapkan, motif dari pembunuhan yang dilakukan para pelaku adalah bentuk dari aksi unjuk eksistensi.

“Mereka ingin membentuk Kodap sendiri dan ingin diakui sebagai Kodap ke-37 Yahukimo-Korowai dengan cara menunjukkan eksistensinya melalui aksi membunuh dua orang warga sipil yang mereka duga sebagai aparat yang sedang menyamar,” ungkap Kombes Faizal dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, Selasa (9/5/2023).

Saat ini, kata Faizal, Satgas Damai Cartenz tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya dalam kasus pembunuhan dua warga sipil di Yahukimo tersebut, dan juga terkait adanya pembentukan KKB Kodap 37 Yahukimo-Korowai.

“Kita sudah tetapkan lima tersangka, tiga diantaranya berhasil kita tangkap, dua masih DPO. Kami sedang melakukan upaya pengejaran terhadap DPO tersebut dan juga kelompok KKB yang lain,” pungkasnya.

penulis : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan