Mulai 13 Juli, Sekolah di Asmat Kembali Dibuka

RAPAT - Suasana rapat evaluasi pasca pemberlakukan relaksasi dimasa pandemi Covid-19, Selasa (7/7). Foto: Humas Asmat
RAPAT - Suasana rapat evaluasi pasca pemberlakukan relaksasi dimasa pandemi Covid-19, Selasa (7/7). Foto: Humas Asmat

ASMAT | Aktivitas sekolah di Kabupaten Asmat, Papua, mulai dibuka pada 13 Juli mendatang. Meski demikian protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

Hal ini berdasarkan rapat evaluasi masa relaksasi yang digelar Pemkab Asmat dan Forum Komunikasi Pempinan Daerah (Forkopimda), Selasa (7/7).

Pemkab Asmat sendiri sejak 22 Juni lalu telah memberikan kelonggaran atau relaksasi untuk masyarakat beraktivitas di tengah pandemi Covid-19.

“Anak-anak masuk sekolah nanti, para guru diharapkan sosialisasi protokol covid-19 kepada siswa – siswinya,” kata Bupati Asmat Elisa Kambu memimpin rapat evaluasi di Aula Wiyata Mandala, Kota Agats, Selasa (7/7).

Rapat evaluasi itu pun dihadiri Plh.Sekda Asmat Daniel Rumrurem, Wakapolres Asmat Kompol Umar Sulaiman, dan Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Asmat.

Dalam rapat evaluasi itu juga disepakati beberapa poin diantaranya, ASN dan staf masuk kantor seperti biasa mulai pukul 09.00 – 15.00 WIT.

Selanjutnya, aktivitas rumah ibadah diharapkan lebih maksimal menjalankan protokol kesehatan.

“Karena akses masyarakat telah dibuka, kita hanya berikhtiar jangan sampai ada kecolongan orang baru yang tak diketahui masuk ke Asmat,” kata Elisa.

Sedangkan untuk aktivitas perekonomian masih seperti biasa, yaitu mulai dari pukul 06.00 – 19.00 WIT

Sementara, untuk transportasi laut dan udara bagi penumpang telah dibuka.

Untuk kapal masih menunggu konfirmasi dari pihak Pelni, sementara untuk jadwal pesawat akan berjalan.

“Tim Covid-19 Asmat juga akan mengawalanya,seperti lakukan penyemptrokan disinfektan, pemeriksaan administrasi kesehatan, baik di pelabuhan maupun di bandara,” ujar Elisa.

Sementara itu, untuk prosedur izin keluar dari Kabupaten Asmat masih tetap belaku yaitu, harus membawa surat keterangan bebas Covid-19.

Surat tersebut ditanda tangani oleh Ketua Tim Tugas Covid-19 yakni, Bupati Asmat Elisa Kambu dan Sekda Asmat Bartholomeus Bokoropces.

“Semua kesepakatan ini akan berjalan selama Asmat masih aman. Jikalau ada orang yang positif Covid-19, maka akan tinjau kembali nantinya,” kata Elisa.

Elisa berharap, meski dalam masa relaksasi tetapi semua pihak harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, pakai masker dan jaga jarak fisik.

Reporter: Fagi
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar