Mulai 2023 Pengurusan Ganti Rugi Tanah Dialihkan ke OPD Terkait

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Yunus Linggi. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Yunus Linggi. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Mulai tahun 2023 ini pengurusan ganti rugi tanah yang sebelumnya di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika, Papua Tengah, dialihkan ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yang menggunakan tanah.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Yunus Linggi menjelaskan, berdasarkan perturan terbaru dari Kementerian ATR/BPN bahwa mulai tahun 2023 pengurusan ganti rugi dialihkan ke OPD terkait.

Sebelumnya pengurusan administrasi hingga ganti rugi ditangani oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, tetapi kini hanya memfasilitasi administrasi dan juga sebagai tim penilai.

“Posisi kami hanya memfasilitasi dengan perencanaannya dan penilai. Setelah nilai masuk baru kita sampaikan ke dinas yang bersangkutan bahwa nilainya sekian, baru dimasukkan ke anggaran,” jelas Yunus di kantornya, Selasa (10/1/2023).

Ia mencontohkan beberapa OPD terkait, seperti pekerjaan pelebaran jalan yang dulunya ganti rugi tanah di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, kini semuanya langsung di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sedangkan untuk lahan-lahan venue olahraga masuk ke Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata.

Yunus menambahkan, saat menyampaikan peraturan baru ini, Bappeda langsung mengalihkan ke masing-masing OPD terkait.

“Jadi kalau ada yang mau klaim tanah, di pasar misalnya, itu konsultasi dengan Disperindag,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.