Mulai Hari ini Pukul 16.30 WIT, Harga Pertalite, Solar dan Pertamax Resmi Naik

SPBU | Suasana pengisian BBM pada salah satu SPBU yang ada di Kota Timika. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
SPBU | Suasana pengisian BBM pada salah satu SPBU yang ada di Kota Timika. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Presiden Republik Indonesia, Jokowi Dodo mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax per hari ini, Sabtu (3/9/2022).

Harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pukul 14.30 WIB, atau pukul 16.30 WIT.

Untuk harga BBM subsidi Pertalite dari Rp7.650 menjadi Rp10.000 per liter, Solar subsidi dari Rp5.150 ribu menjadi Rp6.800 per liter. Sementara BBM non Subsidi pertamax dari Rp12.500 menjadi Rp14.500.

Presiden menyampaikan, pemerintah telah berusaha untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia, dengan tidak menaikan harga BBM, namun anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun.

“Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN, tetapi anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari 152,5 triliun rupiah menjadi 502,4 triliun rupiah dan itu akan meningkat terus,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers secara live di akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu siang.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, hari ini, Sabtu (3/9/2022) pukul 13.30 WIB pemerintah memutuskan untuk menyesuaikan harga BBM.

Namun, harga BBM mulai berlaku pukul 14.30 WIT.

‘Kenaikan harga BBM Iberlaku satu jam sejak saat diumumkan penyesuaian harga,” kata Menteri Arifin.

 

reporter : Kristin Rejang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.