Murid SD 2 Mbait Agats Diberikan Penyuluhan Kesehatan Gigi

PENYULUHAN | drg. Yenny Yokung Yong, MDSc.,Sp.Perio memberikan penyuluhan kesehatan gigi kepada murid SD Persiapan Negeri 2 Mbait, Agats, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Fagi Difinubun/ Seputarpapua)
PENYULUHAN | drg. Yenny Yokung Yong, MDSc.,Sp.Perio memberikan penyuluhan kesehatan gigi kepada murid SD Persiapan Negeri 2 Mbait, Agats, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Fagi Difinubun/ Seputarpapua)

ASMAT | Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Merauke Wilayah Kabupaten Asmat, Papua, memberikan penyuluhan kesehatan gigi Kepada Murid SD Persiapan Negeri 2 Mbait, Distrik Agats, di Aula Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Agats, Sabtu (13/11/2021).

Tak hanya penyuluhan, tetapi para murid juga diajarkan cara mensikat gigi yang benar dan dilakukan secara massal.

Ketua Panita drg. Yenny Yokung Yong, MDSc.,Sp.Perio mengatakan, penyuluhan ini dalam rangka peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN).

“Sekitar 180 siswa yang ikut dalam penyuluhan ini,” kata Yenny yang juga Direktur RSUD Agats.

Yenny menjelaskan, penyuluhan kesehatan dan sikat gigi bersama itu sangat penting dilaksanakan untuk generasi muda di Asmat.

“Sehingga anak-anak merasa penting untuk merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini,”ucap Yenny.

Dengan menjaga kesehatan gigi pada anak, menurut Yenny, akan memberikan dampak positif pada kebersihan rongga mulut dan terhindar dari karies atau gigi berlubang, serta memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Disamping itu, kata Yenny, melihat kasus kanker mulut yang banyak terjadi di Kabupaten Asmat, maka pentingnya membiasakan anak untuk rajin merawat rongga mulut adalah langkah promotif.

Kasus kanker mulut ini banyak terjadi disebabkan karena cara mengkonsumsi pinang yang salah dan berlebih.

Oleh karena itu, langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pemahaman sejak dini bahaya makan pinang, dan wajib memeriksakan ke dokter gigi minimal setiap enam bulan.

“Kemudian cara menyikat gigi yang benar juga berpengaruh terhadap ketahanan gigi terhadap karies dan kerusakan jaringan pendukung gigi lainnya,” tutur Yenny.

Yenny berharap melalui penyuluhan ini, maka anak-anak dapat menerapkannya setiap hari di rumah.

“Rutin menyikat gigi 2 kali sehari, pagi sehabis makan dan malam sebelum tidur,” pungkas Yenny.

Kegiatan penyuluhan tersebut mengusung tema, “Hubungan Gigi dan Mulut dengan Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan”.

 

reporter : Faqi Difinubun
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.