Negara Beri Beasiswa untuk 8.886 Mahasiswa di Tanah Papua

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Negara melalui Kemendikbudristek memberikan beasiswa kepada 8.886 mahasiswa di Tanah Papua.

Hal ini diungkapkan Kepala LLDikti Wilayah XIV, Dr Suriel Mofu di Timika, Kamis (23/9/2022).

Suriel menjelaskan, di Indonesia ada 16 LLDikti yang masing-masing terus berjuang untuk mendapatkan bantuan dana berupa beasiswa kepada mahasiswa swasta maupun negeri di wilayahnya masing-masing.

“Saya harus bersaing dengan LLDikti di semua daerah di Indonesia untuk bisa mendapatkan bantuan anggaran untuk tanah Papua,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, di Tanah Papua ada 72.000 mahasiswa dan saat ini mahasiswa yang mendapat bantuan beasiswa sebanyak 8.886 mahasiswa.

“Kita punya mahasiswa ada 72.000 tahun ini, tapi hanya 8.000 sekian yang dapat beasiswa. Jadi banyak yang belum dapat beasiswa saya tidak tahu itu siapa punya anak-anak,” ucap Mofu.

Menurutnya, negara juga membagi alokasi anggaran ke daerah-daerah lain sehingga Papua hanya bisa mendapatkan jumlah tersebut.

“Total beasiswa yang tahun ini 8.886 beasiswa itu yang saya dapatkan dari Jakarta. Saya tidak tahu di Papua ini ada yang kasih lagi kah tidak mungkin Gubernur Papua atau Papua Barat ada kasih beasiswa saya tidak tahu,” ungkapnya.

Ia berharap, jumlah ini bisa bertambah apabila ada dukung juga dari pemerintah Provinsi maupun kabupaten di Papua dan Papua Barat.

*Gaji Dosen*

Selain memberikan bantuan anggaran untuk beasiswa mahasiswa, Mendikbudristek juga memberikan gaji kepada 529 dosen di Tanah Papua.

“Rp 1,526 miliar tiap bulan, karena mereka memiliki sertifikasi dosen. tidak peduli PNS atau non PNS semua saya bayar karena berkualitas dan negara menghargai kualitas profesional dosen,” ungkap Mofu.

Mofu juga berpesan kepada dosen-dosen yang berada dibawah naungan Kemendikbudristek untuk terus meningkatkan kualitas.

“Saya berjuang di Jakarta untuk bisa bawa anggaran besar ke Papua untuk tolong mahasiswa dan dosen-dosen yang ada di sini. Saya minta kalian disini juga bantu saya,” tambahnya.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.