Nono Sampono: DPD RI Pasang Badan Otsus Papua Diperpanjang 20 Tahun

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono. (Foto: Sevianto/SP)
Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono. (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menegaskan, lembaga utusan daerah itu memperjuangkan Otonomi Khusus (Otsus) Papua yang berakhir pada November 2021 diperpanjang lagi 20 tahun ke depan.

Pernyataan itu disampaikan Nono dalam kunjungan bersama Menko Polhukam Prof. Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian ketika berdialog dengan tokoh masyarakat di Timika, Rabu (22/7).

“Otsus kami DPD pasang badan. Otsus tetap berjalan untuk Papua. DPD RI pertaruhkan, karena kita tahu Papua membutuhkan sangat banyak biaya untuk membangun,” katanya.

Nono mengatakan, memang tidak dipungkiri bahwa banyak aspirasi dan dinamika di masyarakat yang menilai Otsus belum sepenuhnya menjawab segala persoalan di Papua.

“Kita bicara keras boleh, sepanjang itu tidak merugikan banyak pihak,” kata dia.

Menurut dia, banyak daerah lain yang sebenarnya masih tertinggal dan membutuhkan banyak anggaran untuk pembangunan. Karenanya, Papua sangat beruntung bisa mendapat keistimewaan ini.

IKLAN-TENGAH-berita

“Saya sebagai orang Maluku, ingin juga sebenarnya. Coba bayangkan, Provinsi Maluku anggarannya tidak lebih besar dari anggaran satu kabupaten di Jawa, seperti Malang,” katanya.

Anggota Komite II DPD RI Yorrys Raweyai melanjutkan, pada prinsipnya Papua masih sangat membutuhkan Otsus dalam rangka percepatan pembangunan, baik fisik maupun sumber daya manusia (SDM).

Prev1 of 4

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar