NPC Dukung Papua Jadi Provinsi Olahraga

Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Nasional Paralympic Commitee (NPC) Indonesia Papua mendukung penuh Provinsi Papua menjadi Provinsi Olahraga yang digagas oleh Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua.

Menurut Ketua NPCI Papua, H. Jaya Kusuma Provinsi Papua sangat layak untuk menjadi Provinsi Olahraga dikarenakan telah memiliki venue-venue berstandar Internasional pasca berakhir PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021 lalu.

“Jadi kita dari NPC Papua sangat mendukung, terutama kalau untuk mendatangkan event-event karena kita kan sudah punya venue-venue berstandar Internasional,” ujar H. Jaya Kusuma usai menghadiri Kickoff Provinsi Papua, Selasa (26/4/2022).

Namun kata Kusuma, pencanangan Provinsi Olahraga yang disematkan kepada Papua ini terlebih dahulu memiliki legalitas sebagai payung hukum.

“Tentunya penetapan Peraturan Daerah (Perda) bahwa Papua ini adalah Provinsi Olahraga, itu yang pertama. Kalau itu sudah ada, maka dengan sendirinya venue-venue yang ada ini kita bisa mendatangkan event, dari luar bisa kita tarik ke sini,” ujarnya.

Dicontohkan seperti adanya event-event Internasional yang diperuntukkan bagi atlet-atlet tenis lapangan kursi roda.

“Kalau provinsi Papua sudah jadi provinsi olahraga, kita bisa buat event seperti Papua Open dan memang kita NPC banyak event-event Internasional tiap tahun. Dan ini kesempatan untuk Indonesia lihat kita Papua gelar event Internasional disini,” imbuhnya.

“Kedua, kita akan menjual daerah kita ini dari wisatanya, hotel-hotel kita bisa ada pendapatannya, ini semua kan terkait,” tandasnya.

reporter : Vidi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.