NPC Papua Harap Pemerintah Bentuk PPLP Bagi Atlet Disabilitas

Ketua NPC, Papua H. Jayakusuma memberikan penghargaan kepada atlet Peparpeprov. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Ketua NPC, Papua H. Jayakusuma memberikan penghargaan kepada atlet Peparpeprov. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Ketua Umum Nasional Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Papua, H. Jayakusuma mengharapkan pemerintah provinsi Papua dapat membentuk Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) bagi atlet disabilitas.

Pembentukan PPLP bagi atlet disabilitas Papua sangat penting bagi pembinaan prestasi atlet muda untuk menjadi aset diberbagai iven-iven berskala Nasional dan Internasional.

Apalagi menurut Jayakusuma, prestasi atlet disabilitas Papua sudah dibuktikan telah menorehkan sejarah baru bagi tanah Papua dengan menjadi juara umum pada pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 lalu.

“Jadi untuk pembentukan PPLP disabilitas ini kalau memang itu ada, maka kita dari NPC Papua sangat berterima kasih karena di pusat sendiri itu, nanti kan sudah ada juga yang namanya sekolah khusus disabilitas (SKD) di Solo, Jawa Tengah,” kata H. Jayakusuma, Rabu (6/7/2022).

“Ini juga cikal bakal untuk pembentukan pembangunan semacam laboratorium olahraga di pusat. Karena kemarin kita berkunjung ke sana, dan sudah disiapkan lahan 5 hektar dari Kemenpora membangun itu,” tambahnya.

Jayakusuma melanjutkan bahwa pembentukan PPLP bagi atlet disabilitas itu sangat diapresiasi jika diwujudkan, sehingga kedepan para atlet bisa disiapkan untuk menjadi atlet Indonesia.

“Jadi nanti ke depannya itu atlet-atlet dari seluruh Indonesia ini tertampung di situ untuk persiapan Para Games tingkat Asean, Asia, dan dunia. Jadi kita tidak susah-susah lagi untuk mencari penginapan, tapi tempatnya sudah di situ untuk pembangunan atlet-atlet disabilitas bernaung,” ungkapnya.

Ia menambahkan juga untuk PPLP khusus disabilitas harus memiliki cabang-cabang olahraga unggulan dari Papua.

“PPLP untuk disabilitas ini juga melihat dari cabang olahraga pembentukannya, karena kita lihat untuk di Peparnas itu ada banyak cabang olahraga. Jadi mungkin, kalau mau lihat olahraga unggulan kita itu ada di para-renang dan para-atletik, supaya atlet-atlet kita yang disabilitas bisa kita tempatkan di situ untuk mereka berlatih,” tandasnya.

reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.