NPC Papua Klasifikasi Atlet Jelang Peparnas XVI

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
KLASIFIKASI | Tim dokter saat klasifikasi atlet NPC Papua, Senin (29/3/2021). (Foto: vidi)
KLASIFIKASI | Tim dokter saat klasifikasi atlet NPC Papua, Senin (29/3/2021). (Foto: vidi)

JAYAPURA | Para atlet Nasional Paralympic Comite (NPC) Papua dari 12 cabang olahraga menjalani klasifikasi, sebagai syarat untuk bertanding pada perhelatan olahraga disabilitas Peparnas XVI di bulan November 2021 mendatang.

Ketua NPC Papua H. Jaya Kusuma mengharapkan, adanya klasifikasi bagi para atlet difabel untuk menentukan nomor perlombaan yang diikuti tidak ada perubahan.

Mengingat hingga saat ini para atlet telah menjalani pemusatan latihan yang cukup lama.

“Tetapi, kita lihat tadi ada beberapa perubahan-perubahan terjadi di kelas-kelas nomor yang akan diikuti. Mudah-mudahan saja itu tidak mengganggu persiapan atlet kita yang akan bertanding,” kata Kusuma, Senin (29/3/2021).

Diakui, klasifikasi nomor perlombaan yang dijalani para atlet tentu sangat berpengaruh kepada perolehan medali, apalagi nomor perlombaan yang dibebankan para pelatih merupakan nomor terbaik untuk atlet bertanding.

“Karena jika klasifikasi nomor berubah, maka lawannya nanti juga akan pasti bergeser juga. Oleh karena itu, kita harus sama-sama meyakinkan tim klasifikasi dan pelatih yang ada ini supaya hasilnya sama, baik dari tim dokter maupun klasifikasi yang diharapkan dari tim pelatih,” jelasnya.

Selain klasifikasi yang dilakukan bagi atlet yang di Jayapura, kedepan dipastikan atlet yang TC di luar Papua juga akan di klasifikasi baik di Kota Kalimantan, Palembang, Solo, dan Jakarta.

“Kita akan bawa tim dokter untuk mengklasifikasi atlet-atlet yang ada di luar. Saya berharap, semua atlet-atlet yang sudah kita persiapkan ini dapat turun bertanding membela Papua di ajang Peparnas XVI 2021. Mudah-mudahan saja tidak ada yang bergeser, karena klasifikasi ini juga menentukan lolos tidaknya seorang atlet untuk bertanding, atau lolos tidaknya di nomor pertandingan yang sudah ditunjuk itu,” ujarnya.

Berita Terkait
Baca Juga