NPCI Papua Rencanakan Gelar Kejurnas, Jaya Kusuma Ungkap Pilih Cabor Para-Renang

Ketua Umum NPC Papua bersama jajaran pejabat Bank Papua. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Ketua Umum NPC Papua bersama jajaran pejabat Bank Papua. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Nasional Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Papua berencana menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) bagi cabang olahraga para-renang.

Kejurnas akan dilakukan di kolam renang Akuatik, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Tentunya ini juga berkoordinasi dulu dengan NPC Pusat dan Kemenpora karena ini kan ada rencana Kejurnas yang kita mau adakan di sini. Kejurnas untuk cabang olahraga renang,” kata Ketua Umum NPCI Papua H. Jaya Kusuma kepada pers di Jayapura, Kamis (13/1/2022).

Alasan memilih menggelar Kejurnas cabang olahraga para-renang dikarenakan pada saat perhelatan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021, kontingen Papua berhasil menjadi juara umum pada cabor tersebut.

“Saya pilih renang karena renang ini kemarin di Peparnas kita juara umum dengan memperoleh 35 medali emas. Itu artinya peranan kita semua yang bisa memberikan prestasi di Tanah Papua ini. Oleh karena itu, saya lebih condong dulu bagaimana Kejurnas cabang olahraga renang ini dilaksanakan di Papua di Jayapura,” katanya.

Dengan adanya Kejurnas para-renang diharapkan venue kolam renang Akuatik bisa digunakan pasca Peparnas.

“Intinya adalah bahwa kita berharap supaya venue itu jangan tinggal diam seperti itu, sehingga ada kegiatan-kegiatan yang dilakukan di venue-venue yang sudah dibangun pemerintah. Ini juga butuh mungkin pengelolaan venue harus berjalan terus, kalau tidak sering digunakan bisa mubazir atau bisa saja rusak,” tuturnya.

Kusuma pun mengajak semua pihak yang terlibat seperti pengurus cabor dan pecinta olahraga dapat melakukan event-event di Papua karena bisa berdampak positif bagi tanah Papua.

“Mari kita di Papua datangkan event-event untuk dilaksanakan di Papua ini supaya venue-venue yang ada ini bisa digunakan dan tidak mubazir. Apalagi positifnya banyak ekonomi masyarakat meningkat, parawisata bisa dinikmati orang luar,” tandasnya.

reporter : Vidi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.