O2SN Tingkat Provinsi Papua Tengah di Mimika Diikuti 40 Peserta

Para peserta O2SN tingkat SD, SMP dan SMA/SMK mengikuti acara pembukaan di Hotel Horison Diana, Mimika, Papua Tengah. (Foto: Arifin Lolialang/Seputapapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD, SMP dan SMA/SMK yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Tengah diikuti sebanyak 40 peserta dari dua kabupaten di Papua Tengah.

Kegiatan O2SN ini berlangsung di Kabupaten Mimika dari tanggal 8 Juli hingga 12 Juli 2024 dan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Tengah, Marten Ukago, Selasa (9/7/2024), di Hotel Horison Diana, Mimika.

Marten Ukago mengatakan, kabupaten yang mengambil bagian dalam kegiatan O2SN ini adalah Kabupaten Mimika dan Nabire.

Jumlah peserta dari dua kabupaten masing-masing mengikutkan 5 peserta baik tingkatan SD, SMP, SMA dsn SMK dengan memperlombakan 5 mata lomba.

“Jadi 1 kabupaten peserta terdiri dari 20 orang, berarti Mimika dan Nabire ada 40 orang, begitupun dengan pendamping juga jumlahnya sama,” kata Marten Ukago.

Mata lomba yang akan dipertandingkan pada O2SN kali ini yakni atletik, renang, karate, bulu tangkis dan pencak silat.

“Sebagai apresiasi kepada siswa yang menang akan kami berikan hadiah berupa juara 1 sebesar Rp10 juta dan juara II sebesar Rp7,5 juta,” katanya.

Mimika dipilih sebagai tempat kegiatan karena menurut Marten di Mimika telah mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, setelah sebelumnya sukses melaksanakan iven PON XX Papua yang masih terawat dengan baik.

“Tetapi kami juga akan berusaha untuk menyiapkan fasilitas juga, karena kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun,” ujarnya.

Dari kegiatan ini, tentunya dikatakan Marten akan menciptakan atlet-atlet muda yang nantinya bisa berkecimpung dimata lomba yang saat ini diperlombakan.

Ia pun berharap para siswa bisa mempertahankan sportivitas dalam setiap perlombaan yang diikuti.

“Bagi kami yang penting mereka bisa ambil bagian, mereka bisa menunjukkan sportivitas,” tandasnya.

penulis : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan