seputarpapua.com

OPD Bahas Renja 2022 Wujudkan Visi Misi Bupati dan Wabup Mimika

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
MENYIMAK | Para pimpinan OPD saat menyimak materi yang dibawakan kepala Bappeda dalam kegiatan Forum Perangkat Daerah. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
MENYIMAK | Para pimpinan OPD saat menyimak materi yang dibawakan kepala Bappeda dalam kegiatan Forum Perangkat Daerah. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Papua melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah tahun 2021 membahas Rencana Kerja (Renja) 2022 dengan tema Terwujudnya Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 hingga 26 Maret 2021 di salah satu hotel di Jalan Cenderawasih.

Forum Perangkat Daerah adalah Forum musyawarah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas pembangunan hasil musrembang tahunan tingkat distrik dengan gabungan perangkat daerah, yang berhubungan dengan fungsi atau sub fungsi.

Program lintas sektor ini tata cara pelaksanaanya dilakukan oleh Forum Perangkat Daerah.

Forum ini membahas rancangan kerja perangkat menggunakan prioritas program yang dihasilkan dari musembang di tingkat distrik sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan Renja Perangkat Daerah yang difasilitasi oleh perangkat daerah terkait.

Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD).

Tujuan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah antara lain mempertajam indikator serta target program perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, menyelaraskan program atau kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian saran sesuai dengan kewenangan untuk sinergi perioritas pembangunan daerah dan menyesuaikan pendanaan program/kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

Asisten I Setda Mimika, Yulianus Sasarari mengatakan kegiatan ini untuk merancang pembangunan daerah ke arah yang lebih baik.

“Ini merupakan wujud nyata dalam proses perencanaan partisipatif masyarakat di kampung-kampung, yang akan diselaraskan dengan Renja OPD,” jelas Yulianus.

Berita Terkait
Baca Juga