Operasi Ketupat Cartenz 2022 di Papua Berjalan Lancar Hingga Perayaan Idul Fitri 1443 H

ILUSTRASI | Petugas Polantas mengatur arus lalu lintas. (Foto: Humas Polda Papua)
ILUSTRASI | Petugas Polantas mengatur arus lalu lintas. (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebut, pelaksanaan Operasi Ketupat Cartenz 2022 di wilayah Papua, berjalan lancar hingga perayaan Idul Fitri 1443 H yang jatuh pada 2 Mei 2022.

Tidak hanya Kamseltibcarlantas, Kamtibmas pun secara umum berjalan dengan aman di wilayah Papua hingga pelaksanaan Salat Idul Fitri.

“Personel Ops Ketupat Cartenz 2022 melakukan patroli dan penjagaan di tiap-tiap tempat ibadah untuk memastikan keamanan sehingga masyarakat dapat beribadah dengan nyaman,” kata Kombes Kamal dalam keterangan persnya yang diterima Seputarpapua.com, pada Senin (2/5/2022).

Kamal juga mengharapkan, kondisi seperti ini bisa terus dipertahakan bersama dengan seluruh elemen masyarakat di tanah Papua.

Untuk situasi Kamseltibcarlantas, Kamal membeberkan bahwa pelaksanaan hari kelima, pelanggaran lalu lintas meningkat sebanyak 187 kasus di tahun 2022, di mana pada tahun 2021 terjadi 141 kasus, terjadi peningkatan dengan selisih 26 kasus.

“Pelanggar diberikan tindakan tilang di tahun 2022 sebanyak 3 pelanggar, sedangkan di tahun 2021 sebanyak 4 pelanggar. Sehingga di tahun 2022 terjadi penurunan sebanyak 1 pelanggar,” terangnya.

Jenis pelanggaran mulai hari pertama sampai perayaan Idul Fitri adalah, kebanyakan pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm, melebihi batas kecepatan, dan pengendara dibawah umur.

“Kesadaran masyarakat untuk menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor masih kurang. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas,” katanya.

Kecelakaan lalul lintas hingga hari kelima  pelaksanaan Operasi Ketupat Cartenz 2022 terjadi sebanyak 3 kasus, sedangkan di tahun 2021 hanya terjadi 1 kasus.

“Dalam kecelakaan tersebut ada menimbulkan korban meninggal dunia dan luka ringan,” kata Kamal.

Polda Papua berterima kasih atas peran serta masyarakat dalam menciptakan suasana kondusif di Tanah Papua. Sebab sampai saat ini kondisi Papua dalam keadaan aman Mukai dari momen malam takbiran hingga usai pelaksanaan salat ied.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.