seputarpapua.com

Operasi Zebra, Satlantas Temukan 10 Pelanggar Setiap Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kasatlantas Polres Mimika, Iptu Devrizal. (Foto: Saldi/SP)
Kasatlantas Polres Mimika, Iptu Devrizal. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Operasi Zebra yang dilakuka Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Mimika selama 14 hari sejak 26 Oktober sampai 8 November 2020, masih ditemukan adanya pelanggaran lalulintas oleh pengendara.

Kepala Satlantas Polres Mimika, Iptu Devrizal mengatakan, dalam 14 hari melakukan operasi pihaknya merata-ratakan menemukan sekitar 10 pelanggar tata tertib lalulintas setiap harinya.

Pengendara atau pengemudi kendaraan bermotor yang terjaring, kata dia, rata-rata tidak memiliki kelengkapan surat berkendara dan tidak memakai helem.

Kepada para pelanggar, petugas memberikan teguran dan ada juga yang ditilang jika pelanggaran yang dilakukan cukup berat.

“Dari 14 hari operasi zebra, rata-rata kita lakukan sebanyak 10 teguran dalam satu harinya, yaitu teguran dan memberikan stiker terus masker dan brosur untuk pengemudi menghindari pelanggaran-pelanggaran yang ada di undang-undang nomor 22 tahun 2009,” kata Devrizal saat ditemui di Mapolres Mimika, Senin (9/11).

Adapun tingkat kecelakaan yang terjadi selama operasi zebra berlangsung, rata-rata diakibatkan karena pengendara dalam keadaan mabuk, atau dipengaruhi minuman beralkohol.

Operasi yang dilakukan adalah bersifat stasioner maupun stand by di pos tetap untuk memantau pengendara disaat berhenti di lampu merah (traffic light).

“Syukur alhamdulillah, puji Tuhan, operasi zebra berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada kendala satu hal apapun,” ujarnya.

“Adapun kecelakaan lalulintas selama operasi zebra, itu seperti yang teman-teman ketahui sendiri itu dikarenakan mabuk, pengaruh minuman beralkohol. Di mana mereka sudah kena didalam pelanggaran lalulintas yaitu pasal 310, mengendarai dalam keadaan tidak wajar,” pungkasnya.

 

Reporter: Saldi
Editor: Misba Latuapo
Berita Terkait
Baca Juga