Panen Perdana Padi, Keerom Menuju Swasembada Pangan

Panen perdana padi di Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Senin (6/9/2022). (Foto: Amin/Seputarpapua)
Panen perdana padi di Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Senin (6/9/2022). (Foto: Amin/Seputarpapua)

KEEROM | Kabupaten Keerom melakukan panen perdana padi varietas di Kampung Intaimelyan Distrik Skanto, Senin (6/9/2022).

Padi yang dipanen oleh Kepala Distrik Skanto, Marianus A Leksi, ST merupakan hasil tanam kelompok tani Karya Makmur, yang penanaman perdana dilakukan
Bupati Keerom, Piter Gusbager 11 Juni 2022.

Kepala Distrik Skanto mengapresiasi antusias petani dalam menanam, merawat sampai pada panen perdana yang telah dilakukan bersama pemerintah.

“Dalam hal membantu ketahanan pangan di kabupaten Keerom, khususnya di Distrik Skanto maka pemerintah terus mendorong para petani,” katanya.

Agar tetap bersemangat, kedepannya Keerom bisa swasembada pangan melalui tanaman padi dan jagung yang menjadi program Bupati Keerom, Piter Gusbager di sektor pertanian.

Distrik Skanto memiliki tanah yang sangat subur untuk pengembangan di bidang pertanian dengan tanaman sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman lainnya,

“Sebabagai pemerintah kita juga terus mendorong dan membantu petani dengan melakukan pendampingan, bantuan bibit, alat-alat pertanian dan pendampingan dari PPL atau tenaga ahli,”katanya.

Pemerintah juga akan memastikan agar pemerintah kampung mendata setiap kelompok tani dengan baik. “Ketika ada bantuan-bantuan yang turun bagi kelompok tani bisa diakomodir dengan baik tidak ada yang terabaikan tetapi merata diperhatikan,”tuturnya.

Ia juga mengatakan dukungan Bupati Keerom terhadap pertanian sangat serius melalui bantuan-bantuan seperti alat-alat pertanian, bibit, UMKM dan lainnya demi kemajuan petani dan pertanian di wilayah Keerom.

”Skanto ini sebagai daerah penyangga ketahanan pangan telah di perhatikan dengan baik oleh pemerintah dengan berbagai stimulan, dan bantuan-bantuan ke kelompok tani”, ujarnya.

Seperti yang telah dicanangkan oleh Bupati Keerom bahwa, Distrik skanto sebagai pusat pengembangan tanaman padi, kedelai dan hultikultura maka kita terus memberikan dukungan bagi para petani.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kabid TPH Dinas Pertanian Kab. Keerom, Zakarias Wens Pikindu, SP., Kadis Pemuda olahraga kebudayaan dan pariwisata Keerom, Rasdi Siswoyo, S.Pd., Kepala Distrik Skanto, Marianus A Leksi, ST., Ketua TP PKK Distrik Skanto, Danramil Skanto Letkol. Sariyadi beserta aparat Babinsa, Kapolsek Skanto yg diwakili anggota Babinkamtibmas, Kepala BPP Skanto dan para penyuluh, Kepala Kampung Intaimelyan, Ketua kelompok tani Karya Makmur, Suratno.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Amin M

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.