Panitia dan Atlet Berprestasi PON XX Terima Penghargaan dari KONI dan Pemkab Mimika

Foto bersama Patriot Olahraga Kabupaten Mimika usai menerima hadiah dari Pemkab Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Foto bersama Patriot Olahraga Kabupaten Mimika usai menerima hadiah dari Pemkab Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Panitia dan atlet berprestasi pada PON XX Tahun 2021 menerima apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Mimika melalui KONI Mimika.

Penyerahan penghargaan dikemas dalam acara Apresiasi PB PON XX Papua Klaster Mimika dan Patriot Olahraga Kabupaten Mimika di Gedug Eme Neme Yauware, Rabu (23/2/2022).

Acara dimulai dengan penampilan dari Penyanyi asli Papua, Sonya Bara dilanjutkan dengan tarian dari Sanggar Amoro Peteko.

Dilanjutkan dengan parade olahraga dari Cabor Pencak Silat yang dipimpin atlet peraih medali emas PON XX Suhardin Ifu dan Parade olahraga cabor Muaythai oleh atlet-atlet berprestasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael Gomar mengatakan, sejak dicanangkan Provinsi Papua sebagai penyelenggara PON XX, ada keraguan dari berbagai kalangan dan pemerintah Provinsi lainnya.

“Namun kita dapat menunjukkan hasil yang baik dalam penyelenggaraan PON XX,” kata Michael Gomar saat membacakan sambutan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

Kesuksesan pelaksanaan PON XX tentu tidak terlepas dari kerjasama, solidaritas, sinergitas dan kolaborasi semua pihak dan tentu dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Mimika.

Dengan pembangunan sarana olahraga bertaraf internasional di Kabupaten Mimika tentu menjadi kebanggaan bagi warga Mimika.

Atas kesuksesan pelaksanaan PON XX di Klaster Mimika, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga telah memberikan penghargaan kepada bupati sebagai inisiator olahraga.

Dan penghargaan dari Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman kepada bupati atas kerja keras, dukungan dan komitmen atas terselenggaranya PON di Mimika.

“Atas mama pemerintah juga berterima kasih kepada atlet, pelatih, official yang telah mengharumkan nama Papua dan khususnya Mimika,” ungkapnya bangga.

Ia berpesan kepada para atlet untuk terus mengembangkan talenta yang dimiliki.

Diharapkan kedepannya Mimika bisa menjadi tuan rumah pelaksana iven olahraga nasional maupun internasional.

“Proses tidak pernah mengkhianati hasil,” ujarnya.

Sekretaris Umum KONI Mimika, Cessar Avianto Tunya menyampaikan dalam penyerahan apresiasi ini tidak semua panitia dihadirkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Untuk itu hanya koordinator panitia dan 18 atlet dan 4 pelatih yang dihadirkan untuk menerima penghargaan.

Suksesnya PON di Mimika merupakan koordinasi, kolaborasi dan sinergi, dukungan penuh dari Pemkab Mimika da Forkopimda, juga kerja keras dari panitia.

“Suasana itu dengan intensitas kegiatan yang tinggi, semua berjalan sebelum matahari terbit sampai matahari terbenam, bahkan tengah malam kita semua harus persiapkan untuk besok,” ungkapnya.

Prestasi yang diraih pada penyelenggaraan PON XX tidak semudah yang dilihat.

“Hari ini ada bonus lagi dari Pemda Mimika disalurkan melalui KONI Mimika untuk para atlet berprestasi,” katanya.

“Dan yang saya sampaikan itu kesimpulannya Mimika sukses dalam penyelenggaraan dan pembinaan atlet, itu tidak hanya sampai disini,” tambahnya.

Kapolres Mimika, AKBP Era Adhinata menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah bekerja sama pada pelaksanaan PON XX.

“Dengan PON itu tanpa disadari kita telah melakukan hal yang luar biasa, saya harap ini bukan hanya pada saat PON saja,” tuturnya.

Sebagai Kapolres ia berharap semua pihak bisa terus menjaga kekompakan dan keamanan di Mimika.

Pada pelaksanaan PON, Ia sempat merasa apakah bisa mengamankan PON saat itu karena personel dan anggaran untuk personel saat itu dikurangi.

Tetapi semua bisa berjalan aman sampai selesai pelaksanaan PON.

“Tugas utama saya dalam pengamanan PON sudah selesai, tentu ada tugas lebih besar yang akan saya jalankan. Saya merasa bangga disini,” ungkapnya.

Adapun hadiah uang yang diterima untuk atlet yang meraih emas perorangan Rp50 juta, emas beregu Rp40 juta.

Medali perak perorangan Rp30 juta dan perak beregu Rp30 juta. Sedangkan untuk pelatih yang mendapatkan medali emas Rp25 juta dann Rp15 juta untuk medali perak. Total hadiah yang disiapkan sebesar Rp765 juta.

reporter : Anya Fatma
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.