Pansel Pemilihan Pengurus YPMAK Periode 2024-2029 Buka Pendaftaran

Juru bicara Pansel pemilihan pengurus YPMAK perwakilan dari Pemda Mimika Anace Hombore (kanan) dan perwakilan Lemasa Krinus Kum (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Juru bicara Pansel pemilihan pengurus YPMAK perwakilan dari Pemda Mimika Anace Hombore (kanan) dan perwakilan Lemasa Krinus Kum (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Panitia seleksi (Pansel) pemilihan pengurus Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) periode 2024-2029 telah membuka pendaftaran. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 14 -30 Juni 2024.

Juru bicara Pansel Pemilihan Pengurus YPMAK perwakilan dari Pemda Mimika, Anace Hombore mengatakan, setelah Pansel pemilihan pengurus YPMAK yang terdiri dari 7 orang dibentuk akan dilanjutkan dengan merekrut konsultan perekrutan, dan terpilihlah PT ARA Indonesia yang sudah berpengalaman di bidangnya, seperti perekrutan KPK, BUMN, dan lainnya.

“Melalui konsultan tersebut, kami sudah membuka pendaftaran yang dimulai 14 – 30 Juni 2024. Dari tanggal pembukaan sampai hari ini sudah ada yang mendaftar,” kata Anace di Gedung MPCC, Rabu (19/6/2024).

Pendaftaran sendiri dilakukan secara online dengan mengakses melalui:https://bit.ly/SeleksiYPMAK. Dimana dalam pendaftaran ini tidak hanya masyarakat lokal di Mimika tetapi juga nasional.

Nasional ini khusus orang-orang yang berasal dari Suku Amungme dan Kamoro, serta 5 suku kekerabatan lainnya.

“Kami tidak membatasi siapapun dan dimanapun, asalkan dari 2 Suku Amungme dan Kamoro. Serta 5 suku kekerabatan,” katanya.

Ia menjelaskan, khusus untuk jabatan Ketua atau Direktur, diwajibkan adalah orang-orang yang berasal dari Suku Amungme dan Kamoro tidak boleh yang lain.

Sementara untuk wakil ketua atau wakil direktur dan sekretaris, bisa diikuti oleh masyarakat dari Suku Amungme dan Kamoro. Serta 5 suku kekerabatan dan Papua lainnya.

“Untuk wakil dan sekretaris, prioritas utama dari suku Amungme dan Kamoro. Sementara prioritas kedua dari 5 suku kekerabatan (Suku Dani, Damal, Mee, Moni, Nduga). Serta prioritas ketiga dari Papua lainnya atau orang asli Papua (OAP),” terangnya.

Kemudian untuk jabatan ketua atau direktur, persyaratannya minimal pendidikan Strata Satu (S-1). Jika SMA, maka harus memiliki pengalaman pernah memimpin sebuah yayasan atau organisasi, minimal 10 tahun dan maksimal 15 tahun.

“Dan semua itu harus dilampirkan dalam sistem, agar bisa terbaca bahwa persyaratannya memenuhi syarat. Untuk info selanjutnya bisa klik di website YPMAK:https://www.ypmak.or.id/lowongan-pengurus-ypmak-2024-2029/https://www.ypmak.or.id/lowongan-pengurus-ypmak-2024-2029/ ,” terangnya.

Ia menambahkan, sementara untuk pengurus lama maupun karyawan YPMAK yang ingin maju dalam pemilihan, maka harus mengajukan cuti. “Kami tidak batasi siapapun, baik pengurus lama, karyawan, dan masyarakat luar,” ujarnya.

Advertisements

Perekrutan pengurus YPMAK periode 2024-2029 dilakukan secara transparan dan terbuka, sesuai AD/ART YPMAK serta aturan di yayasan.

Lanjutnya, Pansel akan bertugas sampai pada 3 besar pada masing-masing posisi. Selanjutnya akan ditentukan oleh pembina karena ini sesuai dengan AD/ART YPMAK.

“Kami juga membuka bantuan informasi di MPCC, karena menjadi Sekretariat Pansel. Dan tahapan pemilihan pengurus YPMAK, akan dilakukan sampai Agustus 2024 nanti,” ungkapnya.

Advertisements

Sementara Krinus Kum Pansel perwakilan dari Lemasa mengatakan bahwa proses perekrutan sudah dimulai dengan pendaftaran dan sudah ada yang memasukkan berkas pendaftaran. Tetapi untuk berapa yang sudah mendaftar, pihaknya belum mengetahui secara pasti.

“Kami membuka seluas-luasnya bagi siapapun masyarakat Suku Amungme dan Kamoro serta 5 suku kekerabatan lainnya. Sehingga tidak ada batasan berapa jumlah pendaftar yang masuk,” katanya.

penulis : Mujiono
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan