Papua Football Academy Diluncurkan Presiden, 30 Anak Siap Dididik

Penabuhan tifa peluncurkan Papua Football Academy oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Penabuhan tifa peluncurkan Papua Football Academy oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi meluncurkan Papua Football Academy (PFA), Rabu (31/8/2022) di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Peresmian itu ditandai penabuhan tifa didampingi Ibu Ariana Joko Widodo, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia, Bahlil Lahadalia dan sejumlah mantan pemain timnas Indonesia Rully Nere.

“Di tanah Papua ini, saya minta agar fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON ini bisa terawat dengan baik dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola dan hari ini sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy. Tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta yang berbakat seperti Rully Nere, Timo Kapisa, Boaz Solossa, Aples Tecuari, Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya,” kata Jokowi dalam sambutannya.

“Mereka ini nggak laki, nggak perempuan semuanya ngefans, termasuk Ibu Iriana Jokowi ini senang sama Pak Rully Nere. Football Academy harus memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu di bidang sepak bola ini,” tambahnya.

Jokowi harapkan akademi Papua sepakbola ini dapat melahirkan talenta berbakat pemain sepakbola. Ada 30 anak yang lulus selesksi dan siap dididik.

“Tadi disampaikan ada 477 anak yang diseleksi dan sekarang hanya tinggal 30 anak ini adalah bibit-bibit talenta-talenta yang di seleksi dengan baik, talenta yang berbakat dan juga tidak hanya sepak bola disiapkan, juga pendidikan formalnya sehingga tetap sekolah yang kita harapkan nanti akan menjadi pemain-pemain bola yang memiliki jiwa percaya diri yang kuat, karakter yang kuat yang kompetitif, yang sportif, tapi juga pandai dan pintar,” kata Jokowi.

 

reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.