Papua Football Academy Segera Hadir, Seleksi Pertama di Timika

TIMIKA | Papua Football Academy (PFA) by PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Papua, akan melakukan pencarian bakat pemain sepakbola untuk dibina menjadi pemain profesional.

Pencarian bakat pemain dikhususkan untuk anak-anak asli Papua yang berusia 13-15 tahun, dengan tahun kelahiran 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2009,  dan akan berlangsung di 3 kabupaten/ kota di Papua, yakni Kabupaten Mimika, Merauke, dan Jayapura.

Pencarian bakat pemain dimulai dari Kabupaten Mimika, pada tanggal 11 dan 12 Juni 2022, di Stadion Wania Kota Timika.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan bersama Asosiasi Sepakbola Kabupaten (Askab) PSSI Mimika.

PFA merupakan peran aktif PT Freeport Indonesia untuk membantu pembinaan sepak bola di Papua sesuai arahan Pemerintah.

Pada tahun pertama beroperasi, PFA akan menerima 30 bakat pemain terbaik, dari 3 kabupaten/ kota.

Para peserta yang terpilih akan tinggal dalam satu asrama bersama pelatih dan pengurus PFA.

Selama bergabung dengan PFA, mereka akan rutin berlatih sepak bola di lapangan yang telah disiapkan.

Tak hanya dari segi teknik, para talenta terbaik Papua ini juga akan dididik untuk menjunjung nilai-nilai luhur dalam sepak bola, seperti menghargai rekan setim dan pemain lawan, serta menjunjung tinggi sportivitas.

Anak-anak akademi pun akan tetap bersekolah dan menyelesaikan melalui pendidikan formal “Merdeka Belajar” yang terbentuk lewat kerja sama PFA dengan Dinas Pendidikan pada tingkat SMP.

Selain ilmu sepak bola dan Pendidikan formal, peserta PFA juga akan dibekali dengan berbagai pelatihan keterampilan.

Mereka juga berkesempatan mengikuti turnamen sepak bola lokal maupun nasional.

Setelah lulus, para anggota akademi diharapkan mampu menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat mewarnai dunia sepak bola Indonesia dengan prestasinya.

Ini sejalan dengan niat tulus PT Freeport Indonesia yang ingin memiliki sumbangsih terhadap kemajuan sepak bola di Tanah Air. Dari Papua Untuk Indonesia.

Ketua Askab PSSI Mimika Michael R Gomar menyambut baik kehadiran PFA. Bahkan, Askab telah membentuk panitia bersama dengan operator PFA untuk melakukan pencarian bakat pemain.

“Kami menyambut baik kehadiran PFA yang didirikan PT Freeport Indonesia. Kami telah membentuk panitia untuk mencari bakat pemain sepakbola dari anak-anak asli Papua yang berusia 13-15 tahun di tahun kelahiran 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2009,” kata Gomar, Selasa (7/6/2022).

Menurut Gomar, dukungan tambahan anggaran dari Askab PSSI Mimika juga diberikan agar seleksi pencarian bakat pemain dapat berjalan baik, dengan harapan menghasilkan talenta-talenta pemain sepakbola yang profesional untuk mengharumkan Kabupaten Mimika pada khususnya, dan Papua pada umumnya.

“Kami harapkan anak-anak Papua dari Mimika bisa menjadi pemain sepakbola yang profesional dan mengharumkan Kabupaten Mimika pada khususnya, dan Papua pada umumnya di masa yang akan datang,” pungkas Gomar.

Sumber: Humas Seleksi PFA

editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.