Para Bupati dan Tokoh Papua Selatan Siap Menyambut Penetapan PPS di Jakarta

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar (Kiri) dan Bupati Asmat Elisa Kambu (Kanan)
Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar (Kiri) dan Bupati Asmat Elisa Kambu (Kanan)

MERAUKE | Para bupati dan sejumlah tokoh masyarakat di kawasan selatan Papua, yakni Kabupaten Asmat, Mappi, Merauke dan Boven Digul, siap menyambut Undang-Undang Pembentukan Provinsi Papua Selatan (PPS) yang rencananya akan ditetapkanĀ  Dewan Perwakilan Rakyat RI melalui Rapat Paripurna pada 30 Juni 2022 di Jakarta.

Penjabat (Pj) Bupati Mappi Michael Rooney Gomar menyatakan, perwakilan pemerintah daerah kabupaten siap diberangkatkan ke Jakarta pada 30 Juni mendatang, untuk mengawal sekaligus menyambut Undang-Undang Provinsi Papua Selatan yang akan disahkan oleh DPR RI.

“Kami membangun komunikasi dengan Pemda Merauke, Asmat dan Boven Digul untuk sama-sama mengawal proses ini di Jakarta. Kita juga masih menunggu informasi dari tim pemekaran PPS yang diketuai Wabup Asmat, Thomas Eppe Safanpo,” kata Michael di Merauke, Jumat (24/2/2022).

Apabila sudah ada kepastian informasi dan kesepakatan empat kabupaten untuk bersama-sama mengawal pengesahan UU Provinsi Papua Selatan, kata Michael, pihaknya akan mengirim perwakilan Pemda Mappi, sejumlah tokoh adat dan stakeholder untuk bersama-sama tim pemekaran PPS ke Jakarta.

“Pemda Mappi, stakeholder dan segenap tokoh masyarakat mendukung penuh keputusan pemerintah pusat untuk membentuk Provinsi Papua Selatan. Karenanya kami juga siap ikut ambil bagian dalam rangka mempercepat dan mengawal penetapan undang-undang PPS ini,” tuturnya.

Senada dengan Pj Bupati Mappi Michael Rooney Gomar, Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan bahwa pihaknya juga telah siap ke Jakarta untuk secara langsung mengawal pengesahan Undang-Undang Provinsi Papua Selatan.

“Untuk ungkapan syukurnya, nanti kita rencanakan bersama pemerintah daerah yang lain di kawasan selatan. Untuk tanggal 30 Juni nanti (saat pengesahan), kita upayakan untuk juga hadir di gedung DPR RI di Jakarta,” kata Elisa.

Elisa menyatakan, beberapa tahun terakhir Pemkab Asmat dipercayakan tiga kabupaten lain di kawasan selatan untuk mengkoordinir seluruh kegiatan terkait aspirasi pemekaran provinsi Papua Selatan.

Bahkan, Wakil Bupati Asmat sendiri, Thomas Eppe Safanpo dimandatkan menjadi Ketua Tim Pemekaran PPS.

“Terkait PPS, Asmat sudah tiga kali bawa tim ke Merauke dan dua kali ke Jakarta dengan kekuatan penuh. Kita kerjakan ini karena telah dipercayakan sebagai koordinator. Jadi segala daya kita maksimalkan untuk menyelesaikan ini hingga nanti terbentuknya Provinsi Papua Selatan,” pungkas Elisa.

reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.