Pasca Banjir, Disorda Papua Pastikan Venue PON XX Aman

Kadisorda Papua Alexander Kapisa. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)
Kadisorda Papua Alexander Kapisa. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)

JAYAPURA | Intensitas curah hujan yang tinggi landa Kota dan Kabupaten Jayapura beberapa hari lalu mengakibatkan sejumlah titik terjadi kebanjiran dan tanah longsor, termasuk kawasan venue-venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Yang paling terdampak yakni di Kawasan olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura terjadi luapan air sungai di kali Makanuay menggenangi kawasan yang terdapat Stadion Utama Lukas Enembe, Istora Papua Bangkit, Arena Menembak Indoor, Panahan, dan Kolam Renang Akuatik.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa memastikan dampak terjadi luapan air dari sungai Makanuay tidak ikut membanjiri area pertandingan venue-venue tersebut.

“Kalau venue sih secara keseluruhan Field of Playnya aman dari banjir. Artinya kita ambil contoh seperti di Kampung Harapan, itu di lapangan bola atau di dalam akuatik dan di dalam Istora itu banjir atau luapan air itu tidak sampai masuk di kawasan FOP-nya,” kata Kapisa, Rabu (11/1/2022).

Kapisa mengaku penanganan pasca banjir atau luapan air dari kali Makanuay dilakukannya pengangkatan material agar bisa mengalir dengan normal kembali.

“Banjir atau luapan air itu hanya di sekitar venuenya saja. Itu diakibatkan dari luapan kali Makanuay yang mengalir di tengah kawasan venue itu. Jadi memang penanganan kita kemarin fokus pada pengangkatan material dengan kerjasama Balai Wilayah Sungai Papua untuk menormalisasikan sungai Makanuay terutama mengontrol saluran airnya itu,” ujarnya.

Sedangkan untuk venue lainnya yang berada di Doyo dipastikan aman. Hanya saja diakuinya disekitar venue Sepatu Roda yang parkirannya banyak luapan lumpur karena curah hujan yang tinggi.

“Selanjutnya, untuk di Koya Koso aman dan tidak terlalu terdampak. Kalau untuk GOR Waringin itu bukan aset kita. Sejauh ini yang terdampak hanya kawasan Kampung Harapan saja. Dan itu pun begitu kejadian kami langsung berkoordinasi dengan Balai Sungai untuk melakukan penanganan,” tuturnya.

Selain itu, dampak banjir di kawasan venue PON XX tidak ada kerugian yang terjadi seperti peralatan pertandingan venue.

“Kalau peralatan yang terkena langsung itu di Istora ada peralatan senam, kebetulan ada beberapa titik bocor di Istora dan membasahi matras-matras. Tapi kami sudah menangani dengan mengeluarkan peralatan tersebut untuk dijemur dan dibersihkan lagi. Kerugian tidak ada karena semua dampaknya minor dan semua peralatan tersebut masih bisa kita gunakan,” tandasnya.

reporter : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.