Pasien Positif COVID-19 di Mimika Punya Riwayat Perjalanan ke Jayapura

Reynold Ubra
Reynold Ubra

TIMIKA | Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika, Papua, mencatat 3 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 hingga Selasa (31/3), atau bertambah satu kasus dari hari sebelumnya.

Selain kasus positif, tim gugus tugas juga merilis data 16 pasien dalam pengawasan (PDP), 11 orang dalam pemantauan (ODP), dan 47 orang tanpa gejala (OTG).

“Pasien positif COVID-19 di Timika berjumlah 3 orang dari 5 jumlah PDP yang dirawat di rumah sakit,” kata Juru Bicara COVID-19 Mimika Reynold Ubra, Selasa malam.

Reynold menjelaskan, hasil identifikasi (contact tracing) yang dilakukan terhadap pasien 03 ditemukan dua orang memiliki kontak erat risiko tinggi dengan dua sampai tiga gejala klinis.

“Kemudian, dua orang kontak erat risiko rendah dengan satu gejala klinis sedangkan 15 orang kontak dengan pasien 03 tanpa gejala,” katanya.

Data lapangan dari hasil penelusuran, lanjut Reynold, juga memberikan gambaran bahwa pasien 03 ini memiliki riwayat perjalanan ke Jayapura dalam suatu acara. Kemudian saat kembali ke Timika mengalami gejala/tanda COVID-19.

IKLAN-TENGAH-berita

Meski begitu, Reynold menyebut pasien 03 masih berhubungan dengan kasus di Jawa Barat. Artinya, bukan merupakan penularan antar orang di suatu daerah atau transmisi lokal di Papua.

“Kami menduga masih memiliki hubungan dengan kasus di Jawa Barat. Karena yang bersangkutan pernah melakukan perjalanan pada tanggal 10 Maret lalu,” jelasnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar