Pasien Positif Covid-19 Meninggal di Mimika Dimakamkan di Kuala Kencana

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Pasien 03 positif Covid-19 yang meninggal dalam perawatan di RS Freeport, Tembagapura, Mimika, Papua sudah dimakamkan di Kuala Kencana sekitar pukul 12.00 WIT, Sabtu (4/4).

Juru Bicara Pemkab Mimika untuk COVID-19 Reynold Ubra mengatakan, pemakaman pasien 03 di tempat pemakaman khusus karyawan Freeport di Kuala Kencana dilakukan sesuai protap yang ditetapkan pemerintah.

“Tadi siang pukul 12.00 WIT pasien 03 sudah dimakamkan. Pemakamannya sesuai protokol, dengan lima orang petugas yang melakukannya, yakni dari Dinsos, Klinik Kuala Kencana, dan dari tim sendiri. Semua berjalan sesuai protap, serta menggunakan alat pelindung diri (APD),” kata Reynold dalam video conference yang dilakukan, Sabtu (4/4) malam.

Kata dia, seharusnya pelaksanaan pemakaman pasien virus corona ini menurut protokol kurang dari empat jam. Sehingga awalnya pihak RS Tembagapura ingin memakamkannya di wilayah Tembagapura, namun dengan pertimbangan keluarga alamarhum berada di Timika, maka jenazah dibawa ke Timika.

“Pasien 03 meninggal kurang lebih pukul 21.00 an lebih. Dan harusnya diturunkan ke Timika dengan segera. Tapi karena situasi keamanan, maka diberangkatkan jam 4 subuh. Kemudian transit di RSMM dengan kondisi jenasah masih berada di ambulans,” katanya.

Pada proses pemakaman kata Reynold, pihak keluarga pasien 03 sangat kooperatif dan menyerahkan semua penanganan pemakaman kepada tim.Pihak keluarga sama sekali tidak menyentuh peti jenazah.

“Ini patut dicontoh oleh seluruh masyarakat Indonesias, khususnya Mimika,” ujarnya.

Dikatakan Reynold, proses pemakaman berjalan dengan lancar. “Usai pemakaman keluarga dan kami disemprot dengan disinfektan,” tuturnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar